Tips Memilih Pintu Rumah

  • Share

Pintu Rumah, Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Untuk Memilih Yang Tepat

Pintu rumah merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu rumah. Bukan hanya dilihat dari fungsinya, serta sisi keindahannya.

Karena Selain berfungsi sebagai keindahan yang mampu mendukung kecantikan rumah Anda, pintu juga sebaiknya memiliki fungsi keamanan, sehingga Anda sebagai penghuni rumah bisa merasa aman untuk tinggal di dalamnya.

Untuk anda yang saat ini sedang membangun rumah dan bingung memilih pintu yang tepat, sebaiknya perhatikan poin-poin di bawah ini.

Karena seperti yang di ulas di atas, pintu yang bagus bukan hanya yang bisa memperindah rumah anda, tetapi juga harus kuat dan juga tahan lama. Berikut di bawah ini lengkap informasinya.

1. Pertimbangkan Dana yang Telah Anda Siapkan

Ini dia cara yang pertama, yakni Anda harus menyesuaikan dengan dana yang telah Anda siapkan terlebih dahulu. Karena bagaimanapun Anda akan mendapatkan pintu yang memang benar-benar sesuai dengan dana yang telah Anda siapkan.

Nah, dana yang Anda siapkan ini juga akan menentukan bahan pintu serta model pintu yang akan Anda dapatkan nantinya. Anda pun pasti juga tau jika dana Anda terbatas Anda tidak akan mendapatkan pintu dengan bahan yang benar-benar berkualitas dengan teknik pengerjaan yang juga oke.

Kombinasi antara bahan pintu serta teknik pengerjaan inilah yang menentukan harga dari sebuah pintu.

2. Perhatikan Daya Tahan Pintu

Mungkin Anda sudah mengenal dengan berbagai jenis bahan baik itu kayu ataupun bahan lainnya yang digunakan untuk membuat sebuah pintu. Masing-masing bahan tersebut tentunya memiliki karakteristik yang berbeda-beda yang berpengaruh terhadap daya tahan pintu itu sendiri.

Misalnya dari segi kekerasan atau tingkat kadar airnya. Jika Anda lebih suka dengan pintu yang materialnya dari kayu, sebaiknya Anda memilih kayu yang memang benar-benar kuat dan tahan terhadap cuaca supaya pintu Anda tidak mudah rusak.

Pun begitu, Anda juga sebiknya tidak mengabaikan ketebalan dari pintu, karena semakin tebal maka pintu juga akan semakin kuat. Jangan lupa juga untuk memilih pintu dengan kayu yang benar-benar kering supaya tahan lama.

3. Perhatikan Penampilan Pintu

Setiap ada kata penampilan, pasti yang muncul di bayangan Anda adalah model, motif ataupun warnanya. Ya, hal ini juga adalah hal yang tidak boleh Anda abaikan dalam memilih pintu, karena memang hal ini adalah hal yang penting jika Anda menginginkan nilai plus untuk kecantikan rumah Anda.

Ini bisa dilakukan dengan cara menyesuaikan desain pintu dengan desain atau model rumah Anda. Misalnya, rumah Anda adalah rumah yang memiliki gaya etnik, akan lebih tepat jika Anda menggunakan pintu yang ada ukirannya, karena jika Anda memaksakan memasang pintu modern, tentu tidak akan cocok.

4. Kedap Suara

Ini adalah kriteria tambahan untuk sebuah pintu rumah yang baik. Bukannya apa, pintu juga memiliki fungsi keamanan, salah satunya bisa menjaga keamanan privasi Anda, sehingga dengan Anda memilih pintu yang sekaligus mampu meredam suara, tentu ini akan menghindarkan Anda dari suara bising yang ada di luar.

Sekaligus juga menjaga agar orang lain tidak terlalu terganggu dengan suara yang Anda timbulkan nantinya.

Nah, itulah 4 cara yang tepat untuk memilih pintu. Semoga dapat membantu Anda dalam upaya meningkatkan keamanan sekaligus keindahan rumah Anda. Semoga bermanfaat dan silahkan di coba tips-tips di atas.

  • Share