Semarakkan HUT Bogor ke-542, Muslim Lifefair Bogor Suguhkan Produk UMKM Halal

  • Share



loading…

Rayakan HUT Bogor ke-542, KPMI dan Lima Events Indonesia menggelar Muslim Lifefair di Innovation Convention Center BRIN (ICC), Cibinong pada Jumat (31/5/2024) hingga Minggu (2/6/2024). (Foto: dok Muslim Lifefair)

BOGOR – Menyemarakkan rangkaian HUT Bogor ke-542, Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) dan Lima Events Indonesia menggelar Muslim Lifefair di Innovation Convention Center BRIN (ICC), Cibinong pada Jumat (31/5/2024) hingga Minggu (2/6/2024).

Gelaran bertajuk Pesta UMKM Muslim ini menghadirkan sebanyak 80 brands dengan 105 booth dari beragam kategori bisnis, yaitu fashion muslim, halal beauty and care, baby and kids product, pendidikan Islami, kuliner halal, halal tour and travel, serta multiproduk lainnya.

Hadirnya Muslim Lifefair di Kabupaten Bogor untuk kali pertama ini mendapakan apresiasi dari Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu yang hadir pada seremoni pembuka Muslim Lifefair Jumat (31/5/2024). Menurutnya, Muslim Lifefair Bogor sangat selaras dengan komitmen Pemkab Bogor saat ini, yaitu fokus mengembangkan kualitas UMKM yang jumlahnya terus meningkat.

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor mencatat, per Januari 2024 jumlah UMKM di Kabupaten Bogor berjumlah sekitar 34.636. Meski dalam perjananannya jumlahnya fluktuatif, tetapi dari segi kualitas, menunjukkan tren positif. Pemkab Bogor bersama dinas terkait, lembaga/asosiasi, dan dunia usaha terus berkolaborasi melakukan pembinaan, pendampingan sekaligus pembiayaan agar pelaku UMKM bisa terus eksis dan naik kelas. Termasuk pengembangan produk halal dan ekonomi syariah juga mendapatkan perhatian besar Pemkab Bogor.

Ketua Dekranasda Kabupaten Bogor Siti Chomzah yang ditemui saat seremoni pembuka Mufair di ICC, Jumat (31/5/2024) mengatakan, dari 34.636 UMKM Bogor, baru sekitar 10 persen yang tersertifikasi halal.

“Kami mengapresiasi komitmen dan kepedulian yang besar dari pelaku usaha dalam hal ini KPMI dan Lima Events Indonesia yang menyelenggarakan Muslim Lifefair di kabupaten Bogor, sehingga diharapkan dapat memberikan peluang bagi UMKM untuk mendapatkan akses lebih sertifikasi halal,” katanya.

Dia berharap, kolaborasi tersebut dapat terus ditingkatkan, serta saling bergotong-royong.

“Sesuai dengan tema Hari Jadi Bogor ke-542 ‘”Babarengan, Akur dan Makmur”, kami berharap semoga kolobarasi dan sinergi ini bisa terus ditingkatkan saling bergotong-royong demi kemakmuran bersama,” tuturnya.

Plt Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNEKS) Taufik Abdullah dalam sambutannya juga mengapresiasi gelaran produk halal dan ekonomi syariah. Muslim Lifefair yang konsisten diselenggarakan oleh KPMI dan Lima Event Indonesia sejak 2022, telah memberikan banyak kontribusi positif bagi peningkatan literasi ekonomi syariah di kalangan masyarakat, menggerakakkan ekonomi sektor riil daerah dan pertumbuhan bisnis produk halal, serta memperkuat ekosistem ekonomi syariah.

Menurutnya, tingkat literasi ekonomi dan keuangan syariah masih perlu terus didorong pengembangannya, sehingga diperlukan berbagai upaya mengajak masyarakat untuk tidak hanya lebih memahami ekonomi syariah, tetapi juga agar mengkonsumsi produk-produk halal dan menggunakan layanan jasa keuangan syariah.

“Muslim Lifefair sebagai salah satu bentuk ikhtiar meningkatkan literasi ekonomi dan keuangan syariah, perlu terus didukung oleh seluruh kalangan, sehingga ekonomi dan keuangan syariah Indonesia dapat memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif, adil, dan berkesinambungan,” ujarnya.

MuFair Cibinong merupakan rangkaian seri Muslim LifeFair Goes to Muslim Lifefest yang rencananya akan digelar di ICE BSD berkonjungsi dengan pameran Bussiness to Bussiness (B2B) Jakarta Halal Expo & Conference, pada 30 Agustus hingga 1 September 2024.



Source link

  • Share