Sandiaga Uno Respons Flight Direct Rusia-Jakarta, Berharap Turis Berkualitas Bukan yang Melanggar Hukum

  • Share



loading…

Menparekraf Sandiaga Uno menanggapi rencana penerbangan langsung dari Rusia ke Jakarta. Foto/ mpi

JAKARTA – Dua maskapai penerbangan Rusia menyatakan tertarik untuk membuka rute penerbangan langsung ke Indonesia, termasuk ke Jakarta dan Bali. Ini karena Jakarta dan Bali didominasi oleh wisatawan dari berbagai negara. Salah satunya Rusia.

Pejabat Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia menyebut bahwa ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi agar mereka bisa meluncurkan penerbangan langsung, termasuk ke Jakarta dan Bali.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan, bahwa pihaknya saat ini tengah mengatasi sejumlah kendala terkait rencana penerbangan langsung Rusia-Indonesia tersebut.

“Ada beberapa kendala yang disampaikan pak Dubes. Misalnya untuk reviewlink dan juga pelayanan terhadap pesawat penerbangan langsung dari Rusia. Tapi kita berusaha untuk mengatasi itu,” ujar Sandiaga ditemui di Opening Ceremony International Tourism Investment Forum (ITIF) 2024, Rabu (5/6/2024).

Menurut Sandiaga, solusi yang tengah direncanakan Pemerintah Indonesia terhadap rencana penerbangan langsung dari Rusia-Indonesia itu, diharapkan bisa menambah potensi wisatawan dari Negeri Beruang Putih itu.

“Sehingga potensi tambahan wisatawan dari Rusia itu bisa kita hadirkan, tapi yang lebih berkualitas, yang tinggalnya lebih lama dan bisa berdampak positif, bukan melanggar hukum,” ujar Sandiaga.

“Tapi yang memberikan investasi dan juga membuka peluang usaha dan lapangan kerja, mulai dari ekonomi digital sampai ke Metaverse, AI, dan lainnya,” ucap dia lagi.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu, Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mengatakan penerbangan langsung dari Moskow ke Denpasar, Bali, dapat segera dimulai kembali setelah berakhirnya pandemi COVID-19.

“Banyak warga negara kita melancong ke Bali, yang merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati warga Rusia, dan jumlah kunjungan wisatawan kita telah mendekati tingkat sebelum pandemi COVID-19. Kami harap penerbangan langsung antara Moskow dan Denpasar dapat segera dibuka kembali,” ucap Vorobieva.



Source link

  • Share