Pentingnya Bangun Budaya Sehat yang Berkelanjutan di Tempat Kerja

  • Share



loading…

Foto: Doc. Istimewa

Masalah kesehatan bagi pekerja menjadi sebuah hal yang penting. Ini untuk kelangsungan hidup perusahan agar bisa sustain dan terus produktif. Untuk itu Otsuka Group Indonesia menggelar acara Otsuka Run 2024 sebagai bagian dari peluncuran Program Kesehatan Pekerja sebagai bentuk kerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hal ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut ditunjuknya Otsuka menjadi agent of change Program Kesehatan Pekerja.

Inisiatif ini pun sejalan dengan misi Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mendorong kebiasaan untuk hidup sehat di tempat kerja. Kerja sama antara Kementerian Kesehatan dan Otsuka Group ditandai dengan penandatangan kerja sama pada acara Otsuka Run 2024 yang diikuti oleh lebih dari 1000 pekerja Otsuka Group dan ASN Runner dari Kementerian Kesehatan yang dilaksanakan Minggu (2/6) ini, bertempat di Plaza Senayan, Jakarta.

Otsuka Group di Indonesia merupakan perusahaan terkemuka asal Jepang yang terdiri dari PT Otsuka Indonesia, PT Merapi Utama Pharma, PT Lautan Otsuka Chemical, PT Widatra Bhakti, PT Amerta Indah Otsuka, dan PT Otsuka Distribution Indonesia.

Sejalan dengan Filosofi perusahaan “Otsuka people creating new products for better health world-wide”, Otsuka juga menaruh perhatian besar kepada karyawannya dan mendorong untuk menjalankan pola hidup sehat, karena hanya dengan badan yang sehat bisa diharapkan menjadi pekerja yang produktif.

Sudarmadi Widodo selaku HCD & Corporate Communications Director Otsuka Group, menyatakan bahwa Otsuka percaya pekerja adalah aset paling berharga yang mendorong pola hidup sehat, maka kami berinvestasi dalam kesejahteraan dan produktivitas mereka.

“Kolaborasi kami dengan Kementerian Kesehatan mencerminkan dedikasi kami terhadap hal ini dan kami sangat bersemangat untuk memulai perjalanan yang berkelanjutan menciptakan karyawan yang bugar, produktif serta lingkungan kerja yang lebih sehat,” ungkapnya.

Maria Endang Sumiwi selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dari Kementerian Kesehatan RI mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Otsuka Group dalam mendorong terciptanya kebiasaan hidup sehat di tempat kerja.

“Kerja sama ini sangat penting agar menjadi agent of change dan dapat dijadikan contoh bagi perusahan lain agar semakin banyak perusahaan melakukan hal yang sama demi mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih sehat”.

Maria Endang Sumiwi mengungkapkan bahwa Program kesehatan pekerja Otsuka Group ini meliputi pemeriksaan kesehatan berkala, memastikan deteksi dini dan penanganan masalah kesehatan, kampanye aktivitas kebugaran dengan membentuk Club Hobbies yang mengakomodir berbagai kegiatan olah raga sesuai dengan minat masing-masing antara seperti Lari, basket, bulu tangkis, tenis, futsal, yoga, zumba, poundfit dan lain-lain yang akan difasilitasi oleh perusahaan.

Nantinya, Otsuka Group akan mengorganisir kegiatan rutin mingguan dan acara olahraga untuk mendorong aktivitas fisik para pekerja. Pemberikan edukasi nutrisi bagi para pekerja juga akan dilakukan oleh ahli gizi untuk memberikan panduan tentang kebiasaan makan makanan sehat dan gizi seimbang.

Dukungan kesehatan mental juga menjadi salah satu inisiatif yang diusung oleh Otsuka melalui program kesadaran kesehatan mental dan akses layanan konseling untuk mendukung kesejahteraan mental pekerja. Keseluruhan rangkaian kegiatan untuk kesehatan pekerja merupakan komitmen besar yang akan dilakukan Otsuka Group melalui program “Now I’m Healthy & Happy” atau disingkat NIHH bersama dengan Kementerian Kesehatan.

Akan tetapi, hal yang tidak kalah penting Otsuka Group juga mendorong terciptanya lingkungan kerja yang sehat dengan mempromosikan kebersihan dan kerapihan suasana kerja, serta mendorong pola kerja yang lebih sehat. “Otsuka Run 2024 merupakan Kick-Off program kesehatan pekerja yang dilakukan Otsuka Group bersama dengan Kementerian Kesehatan, inisiatif ini diharapkan dapat menjadi langkah awal kami untuk dapat hidup lebih sehat secara berkelanjutan,” tutup Widodo.

(atk)



Source link

  • Share