KSR PMI Unit Polije Sumbang 74 Kantong Darah ke UDD PMI

  • Share

Kanalmedia.id – Dedikasi dan pengabdian 35 anggota dan pengurus KSR PMI Unit Politeknik Negeri Jember (Polije) patut diacungi jempol. KSR PMI Unit Polije sukses menggelar kegiatan donor darah sukarela selama dua hari berturut-turut, 27 dan 28 Februari 2024. Hasilnya, KSR PMI Unit Polije menyumbangkan 74 kantong darah ke Unit Donor Darah (UDD) PMI kabupaten Jember.

Kegiatan donor darah sukarela dipusatkan di Aula Soetrisno Widjaja Polije mulai pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB. “Maksud diadakannya Donor Darah Sukarela adalah untuk menyumbangkan darah secara sukarela tanpa imbalan atau paksaan kepada orang yang memerlukannya, seperti mereka yang sakit atau mengalami kecelakaan,” kata Wildan Sugiono ketua KSR PMI Unit Polije.

Menurut dia, kegiatan donor darah sukarela untuk membantu pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah. “ Ini adalah tindakan sukarela yang membantu menyelamatkan nyawa dan meningkatkan persediaan darah dalam keadaan darurat,” ujarnya.

Sedangkan tujuan diadakannya Donor Darah Sukarela adalah untuk menyediakan persediaan darah yang cukup untuk keperluan medis, membantu menyelamatkan nyawa, serta meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup orang-orang yang membutuhkan transfusi darah. “Selain itu, donor darah sukarela juga mempromosikan kesadaran akan pentingnya donor darah dan memberikan kesempatan bagi individu untuk berpartisipasi dalam membantu sesame,” ujarnya.

Dia menjelaskan, jumlah peserta, panitia dan pihak terlibat dalam kegiatan donor darah sebanyak 126 orang. “Jumlah panitia 35 orang, dari UDD 5 orang, total ada 126 orang yang mendaftarkan diri untuk donor darah. Tetapi yang lolos screening hanya 74 orang padahal target semula hanya 50 kantong darah,” ujarnya.

Kegiatan Donor Darah Sukarela dilaksanakan 2 hari mulai tanggal 27-28 Februari 2024 dari pukul 09.00-12.00 Wib. Dengan rangkaian acara mulai dari mengisi formulir pendaftaran, tes skrining, antre pemanggilan yang lolos untuk diambil darahnya. “Ada pemberian souvernir (berupa kalender kecil) dan foto both yang disediakan bagi yang ingin foto,” imbuhnya.

  • Share