Komitmen Menjaga Lingkungan, SMA Argopuro Panti Gelar Aksi Penanaman Pohon Dan Mitigasi Bencana

  • Share

Kanalmedia.id , Kecamatan Panti, Jember – Lembaga Pendidikan Islam, SMA Argopuro Panti mengajak siswa-siswi Aksi menanam bibit pohon upaya mengenalkan lingkungan berkelanjutan. Agenda yang dikemas dengan kegiatan praktek mata pelajaran biologi kelas 12.

Ketua Pelaksana Irham Fidaruzziar

Kegiatan ini juga didukung oleh Yayasan Ikhtiar Kejayaan Tani, Destana Panti, beserta lapisan masyarakat desa Panti. Kegiatan penanaman dilaksanakan di lahan sekitar sungai di dusun krajan desa Panti, Kec. Panti Kab. Jember.

Ketua pelaksana dan sekaligus Guru Mapel Biologi, Irham Fidaruzziar, mengatakan bahwa “kegiatan ini merupakan komitmen lembaga SMA Argopuro Panti dalam upaya menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, kita ketahui bersama, Desa panti termasuk kawasan dataran tinggi sehingga perlu adanya kesadaran menanam pohon untuk menjaga sumber mata air serta upaya mitigasi bencana banjir, yang mana bencana banjir selalu terjadi pada saat musim penghujan saat ini,”ujar irham.

Siswa-siswi SMA Argopuro beserta seluruh lapisan masyarakat akan konsisten untuk terus mejaga lingkungan, untuk mewarisi lingkungan yang baik untuk hidup anak cucu kita nanti, aksi ini tidak sebatas penanaman pohon siswa-siswi SMA Argopuro akan mengawal pertumbuhan pohon, dan menjadikan penanaman pohon agenda rutin tahunan SMA Argopuro Panti.

Di hari yang sama setelah kegiatan menanam pohon, SMA Argopuro Melaksanakan agenda susur sungai yang dipandu langsung oleh Destana Panti, kegiatan ini dilaksanakan di sungai Dinoyo desa Panti, untuk membersihkan sungai dari sampah serta ada simulasi bencana yang di peragakan langsung oleh siswa siswi Argopuro.

Salah satu warga Panti, Muji Agung Santosa (Volunter Rumah Tunjung) yang ikut aksi ini mengatakan “saya sangat senang melakukan kegiatan ini, bersama anak-anak muda yang masih cinta akan lingkungan nya, saya juga di beri kesempatan berbagi ilmu kesiap siagaan menanggulangi bencana Alam”.

Irham berharap dengan adanya kegiatan susur sungai dan mitigasi bencana ini masyarakat bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, tidak membuang sampah sembarang, dan mempersiapakan diri serta kewaspadaan nya terhadap bencana alam,”pungkasnya.(red)

  • Share