Ini Waktu yang Tepat untuk Beli Tiket Pesawat Agar Dapat Harga Murah

  • Share



loading…

Waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat penting diketahui agar mendapatkan harga yang murah. Penerbangan dibuka untuk pemesanan satu tahun sebelumnya. Foto/Khou

JAKARTA – Waktu yang tepat untuk membeli tiket pesawat penting diketahui agar mendapatkan harga yang murah. Penerbangan dibuka untuk pemesanan sekitar satu tahun sebelumnya, dan harga tiket pesawat akan sering berubah.

Sebagai aturan umum, Anda sebaiknya memesan tiket pesawat jauh-jauh hari. Ini karena harga melonjak tajam pada hari-hari sebelum penerbangan. Namun ada banyak variabel yang memengaruhi pola harga tiket pesawat yang dinamis, termasuk tujuan dan waktu dalam setahun.

Dalam beberapa kasus, Anda dapat memesan hanya beberapa minggu sebelumnya. Dilansir dari Travel + Leisure, Selasa (11/6/2024), dalam kasus lain, lebih baik memesan tiket pesawat beberapa bulan ke depan seperti perjalanan pada hari libur besar, ketika permintaan sedang tinggi.

Menurut studi CheapAir.com pada 2023, rata-rata waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat untuk perjalanan domestik adalah antara 164 dan 46 hari sebelum keberangkatan. Namun menurut laporan Air Travel Hacks 2024 Expedia, waktu terbaiknya adalah 28 hari sebelum penerbangan domestik.

“Melakukan hal ini wisatawan dapat menghemat hingga 24 persen dibandingkan dengan mereka yang menunggu hingga menit terakhir, dari nol hingga enam hari,” kata pakar perjalanan Expedia Christie Hudson.

Untuk perjalanan domestik, harga dinaikkan saat tiket pertama kali dirilis, sekitar satu tahun sebelum penerbangan. Menurut CheapAir.com, harga tersebut perlahan-lahan akan turun hingga ke titik terendah di jendela pemesanan utama atau sekitar 5,5 hingga 1,5 bulan sebelum penerbangan.

Setelah itu Anda akan melihat lonjakan harga untuk perjalanan menit-menit terakhir. Di sisi lain, Anda lebih baik memesan tiket pesawat lebih awal daripada terlambat untuk perjalanan internasional. Idealnya tidak lebih dari empat bulan atau 60 hari sebelum keberangkatan.

“Ini adalah perubahan besar dari data tahun 2022, yang menunjukkan tarif termurah didapat ketika wisatawan memesan empat hingga enam bulan. Data tahun 2023 mengungkapkan bahwa orang yang memesan jauh di muka rata-rata membayar lebih mahal,” jelas Hudson.

Namun trik sebenarnya untuk mendapatkan penawaran bagus untuk tiket pesawat internasional adalah dengan menghindari waktu-waktu puncak perjalanan. Ini mencakup musim panas dan hari libur besar, termasuk hari libur di negara tujuan.

Sementara itu, studi Expedia menunjukkan bahwa hari termurah untuk memesan penerbangan adalah hari Minggu. Saat membandingkan harga penerbangan hari Minggu dengan hari Jumat, Expedia menemukan bahwa wisatawan menghemat 5 persen untuk penerbangan domestik dan 15 persen untuk penerbangan internasional.

Minggu telah menjadi hari terbaik dalam seminggu untuk memesan penerbangan sejak sebelum tahun 2020. Studi lain yang dilakukan Google menemukan bahwa harga penerbangan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis rata-rata lebih murah 1,9 persen dibandingkan penerbangan pada hari Sabtu dan Minggu.

(dra)



Source link

  • Share