Harga Tiket Pesawat Murah di Hari Apa? Ini Waktu yang Tepat

  • Share



loading…

Harga tiket pesawat murah di hari Selasa dipercaya lebih rendah dibandingkan hari lainnya. Hal ini penting diketahui bagi mereka yang kerap bepergian. Foto/Flying Magazine

JAKARTA Harga tiket pesawat murah di hari Selasa dipercaya lebih rendah dibandingkan hari lainnya dalam seminggu. Hal ini penting diketahui bagi mereka yang kerap bepergian menggunakan perjalanan udara baik untuk liburan atau keperluan bisnis.

Namun, harga tiket pesawat yang fluktuatif sering kali menjadi tantangan bagi para pelancong. Beberapa penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa ada hari-hari tertentu dalam seminggu yang cenderung menawarkan tiket pesawat dengan harga lebih murah.

Satu dekade yang lalu, maskapai penerbangan umumnya meluncurkan penjualan tiket pesawat pada hari Selasa, dan maskapai penerbangan pada umumnya cepat mencocokkan harga satu sama lain. Ini dapat menyebabkan penawaran penerbangan murah pada hari Selasa.

Dilansir dari Forbes, Kamis (13/6/2024), namun hal ini tidak lagi berlaku. Pasalnya, maskapai penerbangan tidak hanya merilis penjualan pada hari Selasa, dan maskapai penerbangan tidak selalu menyamai penjualan pesaingnya.

Menurut studi Expedia, hari termurah untuk memesan tiket pesawat adalah hari Minggu. Saat membandingkan harga penerbangan hari Minggu dengan hari Jumat, Expedia menemukan bahwa wisatawan menghemat 5 persen untuk penerbangan domestik dan 15 persen untuk penerbangan internasional.

Minggu telah menjadi hari terbaik dalam seminggu untuk memesan tiket sejak sebelum 2020. Studi lain yang dilakukan Google menemukan bahwa harga tiket pesawat pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis rata-rata lebih murah 1,9 persen dibandingkan penerbangan pada hari Sabtu dan Minggu.

Menurut penelitian Expedia, data menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk memesan tike pesawat adalah setidaknya enam bulan sebelumnya untuk perjalanan internasional. Cara ini akan menghemat rata-rata 10 persen dengan memesan enam bulan sebelumnya, bukan dua bulan atau kurang.

Sementara itu, studi harga penerbangan Google menganalisis dua jenis penerbangan internasional. Untuk penerbangan ke Eropa, Google menemukan bahwa harga termurah ditemukan 129 hari sebelum keberangkatan, tetapi bisa juga antara 50 dan 179 hari sebelum keberangkatan.

Secara statistik, hari terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah 59 hari. Namun harga termurah ditemukan antara 37 dan 87 hari sebelum keberangkatan. Alasan lain untuk memesan penerbangan internasional lebih awal adalah untuk memanfaatkan penurunan harga.

Artinya, Anda bisa mendapatkan tiket yang menguntungkan jauh sebelum penerbangan. Kemudian, perhatikan penurunan tarif. Jika harga turun, Anda dapat mengubah penerbangan dan biasanya mengklaim voucher untuk selisih harga tersebut. Anda dapat menggunakan voucher ini untuk menghemat biaya yang dikeluarkan sendiri untuk penerbangan berikutnya.

Sedangkan untuk penerbangan domestik, studi Expedia menemukan bahwa sweet spot terjadi 28 hingga 35 hari sebelum keberangkatan. Sementara studi Google menemukan harga mencapai titik terendah 44 hari sebelum keberangkatan. Namun, kedua penelitian sepakat bahwa Anda tidak ingin menunggu hingga menit terakhir. Pesan minimal 21 hari sebelum keberangkatan.

(dra)



Source link

  • Share