Diklat Dasar X KSR PMI Unit UIN KHAS Jember

  • Share

Kanalmedia.id – Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit UIN KHAS Jember melaksanakan pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) ke X. Diklatsar ruangan yang berisi penyampaian materi berlangsung 2 hingga 8 Februari 2024. Kemudian dilanjutkan Diklat Lapang pada 16 hingga 18 Ferbuari 2024.

Diklatsar ke X mengusung tema Menanamkan jiwa kerelawanan pada generasi yang siap, sigap tanggap melalui diklatsar KSR PMI Unit UIN KHAS Jember.

“Total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 42 mahasiswa terdiri dari 9 laki-laki dan 33 perempuan, mereka mahasiswa aktif UIN KHAS Jember yang tersebar dari fakultas dan jurusan yang berbeda,”kata Vika Maulida, Ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember dalam penyampaian laporannya pada Opening Ceremony di Aula UIN KHAS Jember, Kamis (1/2/2024).

Vika Maulida menjelaskan, Diklatsar ini adalah langkah awal dalam menanamkan jiwa kerelawanan pada calon anggota baru. “Saya yakin calon anggota baru yang mengikuti diklatsar ini memiliki tekad yang kuat untuk mengabdikan diri di masyarakat melalui Palang Merah Indonesia dengan menjadi relawan,”ujarnya.

Pada Opening Ceremony tersebut dihadiri perwakilan dari PMI Kabupaten Jember yang diwakili oleh Elvana Kusdijanto, Pembina, dan KSR PMI Unit se-Kabupaten Jember.

“Di dalam KSR PMI kita bukan hanya diajarkan kerelawanan yang modal nekat, akan tetapi kita itu diajarkan menjadi manajer di lapangan,”ujar Elvana Kusdijanto, Kepala Bidang Pelayanan Markas PMI Kabupaten Jember.

Yanti Nurhayati S.Kep.,Ns.,MMRS. selaku Pembina Teknis KSR PMI Unit UIN KHAS Jember meyebutkan bahwa kaderisasi relawan menjadi keharusan bagi organisasi kemanusiaan.

“Selama 67 jam peserta akan digembleng berbagai materi kepalangmerahan, tolong materi diklatsar dipahami karena ilmu KSR PMI ini sangat penting untuk dipraktekkan dilingkungan anda nanti,”pungkasnya.

Opening Ceremonial juga dilaksanakan penyematan tanda peserta oleh Elvana Kusdijanto Kabid. Pelayanan PMI Kabupaten Jember, Pembina teknis, dan Ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember.

  • Share