Cara Merawat Dan Mengatasi Atap Rumah Yang Bocor

  • Share

KanalMedia.id – Cara Merawat Dan Mengatasi Atap Rumah Yang Bocor ~ Atap rumah yang bocor merupakan pemandangan yang sangat menjengkelkan. Rumah yang seharusnya bisa melindungi kita dari hujan malah memberikan celah air untuk masuk ke dalam rumah kita. Membasahi ruangan dan furniture di dalamnya, yang tentunya hal itu sangat membuat kita tidak nyaman.

Selain bisa merusak barang- barang kesayangan kita, tentunya hal itu juga membuat kotor isi rumah. Belum lagi jika di dalam rumah ada anak kecil atau bayi, pastinya hal itu bisa berdampak buruk buat kesehatannya.

Untuk itu sebelum datangnya musim hujan tidak ada salahnya untuk mengecek apakah ada kebocoran di atap rumah Anda. Karena bukan hanya kenyamanan yang dipertaruhkan dalam hal ini, melainkan juga barang-barang di rumah yang bisa saja terkena air yang bocor dari atap rumah.

Cara Merawat Dan Mengatasi Atap Rumah Yang Bocor

Perawatan Atap Rumah

Sebelum kita melakukan tindakan setelah kejadian tersebut terjadi, maka alangkah baiknya kita melakukan perawatan atap rumah. Karena perawatan lebih baik dari pada perbaikan. Cek atap rumah setidaknya tiga bulan sekali, dan lakukanlah hal-hal di bawah ini saat mengecek atap rumah Anda :

1. Cek posisi genteng

Jika ada kucing atau hewa lain yang sering naik ke atap rumah anda, pastikan tidak ada genteng yang bergeser. Karena hal tersebut tentunya akan menimbulkan lubang yang nantinya akan mengakibatkan kebocoran.

2. Bersihkan atap

Kotoran yang mengendap bisa menimbulkan retakan pada atap. Nersihkan sebelum retakan tersebut terjadi. Bersihkan pula talang air yang mampet atau banyak terdapat kotoran di dalamnya sehingga aliran air tidak tersumbat.

Perbaiki Atap yang Bocor

Cara Merawat Dan Mengatasi Atap Rumah Yang Bocor Membersihkan Atap

Apabila ada bagian atap yang bocor maka alangkah baiknya langsung segera di perbaiki. berikut adalah caranya:

1. Cari sumber kebocoran.

Walau terlihat mudah namun ternyata tidak seperti yang di bayangkan. Terkadang jatuhan tetesan air tidak menunjukan bahwa di atasnya persis adalh sumber kebocoran tersebut. terkadang retakan dari agenteng atau sumber kebocoran mengalirkan air hingga ke plafon, dan di plafonpun tidak serta merta turun ke lantai namun masih mengalir hingga menemukan lubang untuk menimbulkan kebocoran.

Ketika mencari sumber kebocoran alangkah baiknya mematikan aliran listrik. Karena apabila ada sambungan kabel yang terbuka (biasanya di makan tikus) dan tidak sengaja tersentuh maka bisa menimbukan hal yang tidak menyenangkan.

2. Memperbaiki kebocoran

Pada atap dari beton, asbes, atau sirap yang dikarenakan adanya retakan kecil, dapat di tanggulangi dengan memberikan kawat kasa dan waterproof. Apabila retakannya besar maka harus di plester kembali.

Cara untuk memplester atap beton adalah dengan :

  • Memberikan lubang sedalam kira-kira 2 cm pada sumber kebocoran.
  • Membersihkan dan lembabkan area tersebut, setelah itu berikan lem beton di sepanjang permukaan.
  • Setelah kering isi retakan dengan cairan semen baru.

3. Letak genteng

Jika sumber dari kebocoran adalah genteng yang bergeser, maka perbaiki kembali letak genteng tersebut sebagaimana mestinya. Apabila genteng tersebut pecah, maka gantilah dengan yang baru.

4. Perbaikan Plafon

Setelah berhasil menutup sumber kebocoran, jangan lupa untuk memperbaiki plafon yang rusak akibat terkena air yang bocor. Jangan biarkan plafon tersebut lembab, karena bisa menimbulkan jamur yang tidak enak di lihat dan yang lebih parah bisa terjadi kerusakan.

Dengan perawatan yang di lakukan terus menerus maka bisa menghindari rumah dari atap yang bocor. Semoga artikel Cara Merawat Dan Mengatasi Atap Rumah Yang Bocor ini dapat membantu Anda untuk menciptakan rumah yang nyaman.

  • Share