Apa Itu Liposuction, Prosedur Sedot Lemak yang Dijalani Hanum Mega? Ini Efek Sampingnya!

  • Share



loading…

Liposuction atau sedot lemak adalah prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan di bagian tubuh tertentu. Foto/Getty Images

JAKARTA – Selebgram Hanum Mega baru-baru ini memutuskan menjalani prosedur liposuction atau sedot lemak di bagian perut dan pinggang. Hal tersebut diketahui dari salah satu postingan di Instagram yang dibagikan Hanum baru-baru ini.

Hanum menyebut, usai pertimbangan panjang, ia akhirnya memutuskan untuk melakukan prosedur liposuction tersebut pasca melewati berbagai program diet.

“Setelah melewati program diet dan pertimbangan panjang akhirnya aku memutuskan liposuction perut dan pinggang,” ujar Hanum dalam keterangan postingan di akun Instagramnya, @real.hanummegaa.

Lantas, apa yang dimaksud dengan liposuction? Dan apa saja efek samping dari prosedur satu ini? Berikut ulasannya, melansir dari berbagai sumber, Senin (10/6/2024).

Liposuction atau sedot lemak adalah prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan di bagian tubuh tertentu. Prosedur ini sering kali dilakukan dengan tujuan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Liposuction adalah prosedur medis yang dapat menghilangkan sel-sel lemak (adiposit) secara permanen di bagian tubuh tertentu agar pasien mendapatkan bentuk tubuh ideal. Pasien umumnya melakukan liposuction untuk membuang lemak berlebih di perut, paha, dagu, pipi, leher, lengan atas, betis, atau bokong.

Perlu diketahui bahwa dalam prosedur ini, lemak yang dihilangkan bukanlah lemak visceral (lemak yang berada di sekitar organ dalam), melainkan lemak perifer (lemak yang berada di bawah kulit). Karena itu, liposuction bukanlah metode yang disarankan untuk menurunkan berat badan atau mengatasi obesitas.

Biasanya, liposuction dapat menjadi alternatif bila upaya diet dan olahraga tidak cukup efektif dalam menghilangkan lemak yang tidak diinginkan. Prosedur ini cocok bagi orang yang memiliki banyak lemak di bagian tubuh tertentu yang memiliki berat badan stabil.

Secara umum, prosedur liposuction sering dilakukan di bawah pengawasan dokter bedah umum atau lokal, tergantung pada area yang akan dioperasikan. Durasi operasi ini bervariasi antara 45 menit hingga 3 jam.

Dalam setiap bagian yang dioperasi, dokter akan melakukan sayatan kecil. Lemak dan bagian yang diangkat akan disedot menggunakan sebuah kanula khusus.



Source link

  • Share