Apa Beda Preschool dan Daycare?

  • Share



loading…

Beda preschool dan daycare akan diulas dalam artikel ini. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA – Beda preschool dan daycare akan diulas dalam artikel ini. Bagi masyarakat perkotaan, dua istilah tersebut tentu sudah tak asing lagi. Sama-sama menyediakan layanan pengasuhan dan stimulasi anak, preschool dan daycare sejatinya memiliki perbedaan yang mendasar.

Sesuai arti katanya, preschool adalah institusi prasekolah buat anak-anak. Sementara daycare merupakan tempat penitipan anak. Perbedaan di antara keduanya dapat dibagi dalam tiga hal yakni sebagai berikut.

Beda Preschool dan Daycare

1. Fokus dan Tujuan

Perbedaan utama antara tempat penitipan anak dan prasekolah terletak pada fokus serta tujuannya. Program penitipan anak umumnya kurang terstruktur, tanpa kurikulum khusus. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan lingkungan yang aman dan pengasuhan bagi anak-anak untuk bersosialisasi, bereksplorasi, serta terlibat dalam berbagai aktivitas.

Di sisi lain, prasekolah merupakan program anak usia dini yang menawarkan pendekatan pembelajaran terstruktur. Prasekolah harus mengikuti kurikulum berbasis permainan yang disetujui negara, dengan fokus pada akademisi. Tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan anak-anak dengan keterampilan yang mereka butuhkan agar berhasil di sekolah dasar.

2. Fleksibilitas Jam Kerja

Selain itu, perbedaan antara program prasekolah dan tempat penitipan anak adalah fleksibilitas jam kerja. Prasekolah biasanya mengikuti jadwal sekolah yang lebih tradisional, yang berarti mereka memiliki libur musiman, hari libur, dan waktu istirahat bagi para pendidik. Jam operasional mereka mungkin tidak mengakomodasi orang tua yang membutuhkan perawatan lebih lama.

Sebaliknya, program penitipan anak sering kali memiliki jam operasional yang lebih lama, sehingga cocok bagi orang tua dengan jadwal kerja full time atau mereka yang membutuhkan lebih banyak fleksibilitas.

3. Ukuran Kelas

Perbedaan penting lainnya adalah ukuran kelas dan pengajaran individual. Program prasekolah cenderung memiliki ukuran kelas yang lebih kecil, sehingga memungkinkan lebih banyak interaksi tatap muka antara guru dan anak. Hal ini memungkinkan pendidik untuk memberikan perhatian yang dipersonalisasi, memenuhi kebutuhan spesifik, dan menumbuhkan lingkungan belajar yang mendukung.

Sementara program tempat penitipan anak, meskipun tetap mengedepankan sosialisasi dan pengembangan, mungkin melibatkan kelompok anak yang lebih besar, sehingga dapat berdampak pada tingkat perhatian individual yang diterima setiap anak.

Saat memutuskan program mana yang terbaik untuk keluarga Anda, penting untuk mempertimbangkan perbedaan-perbedaan ini. Jika Anda menghargai lingkungan belajar yang terstruktur, persiapan akademis, dan ukuran kelas yang lebih kecil, prasekolah mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Namun, jika fleksibilitas dalam jam kerja serta lingkungan yang mengasuh dan berbasis permainan adalah prioritas Anda, program penitipan anak mungkin lebih cocok.

(tsa)



Source link

  • Share