Ajaib! 2 Bahan Dapur Murah Ini Ternyata Ampuh Cegah Asam Urat dan Kanker

  • Share



loading…

Mencegah asam urat dan kanker bisa dilakukan dengan menggunakan dua bahan dapur yakni kunyit dan lada hitam. Kedua rempah ini bumbu dapur yang umum digunakan. Foto/Times of India

JAKARTA – Mencegah asam urat dan kanker bisa dilakukan dengan menggunakan dua bahan dapur yakni kunyit dan lada hitam. Kedua rempah ini adalah bumbu dapur yang umum digunakan dalam masakan Indonesia.

Perpaduan kunyit dan lada hitam tak hanya meningkatkan cita rasa masakan, tetapi juga diyakini mampu mencegah asam urat dan kanker . Ini karena kunyit, dengan kandungan utama kurkumin, telah lama dikenal sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit.

Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, menjadikannya potensial dalam membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Kandungan ini juga bisa mengurangi peradangan sendi, dan meredakan nyeri.

Selain itu, kurkumin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi apoptosis atau kematian sel kanker. Sementara lada hitam, dengan kandungan piperin, berperan penting dalam meningkatkan bioavailabilitas kurkumin.

Piperin membantu tubuh menyerap kurkumin hingga 2 ribu persen lebih baik, sehingga efeknya lebih optimal. Di sisi lain, piperin dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi dan mengurangi resistensi obat pada sel kanker.

“Ada dua rempah asli Indonesia ternyata dahsyat banget manfaatnya. Salah satu manfaatnya adalah cegah asam urat. Kunyit dan lada hitam ini mempunyai manfaat yang dahsyat karena mengandung flavonoid dan saponin,” kata Erwin Setiawan selaku food science technology dikutip dari akun Instagram pribadinya, @anakpanganindonesia, Selasa (11/6/2024).

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi kunyit dan lada hitam dengan cara merebus air hingga mendidih. Kemudian masukkan 1 ruas jari kunyit, dan lada hitam secukupnya. Anda juga bisa menambahkan madu secukupnya sebagai pemanis alami.

“Tuangkan air yang sudah mendidih. Masukkan potongan kunyit. Tambahkan rempah lada hitam secukupnya. Diamkan kurang lebih sekitar empat sampai lima menit hingga hangat,” jelasnya.

“Kemudian tambahkan madu 1 sendok teh saja. Waktu konsumsi sebelum sarapan, sebelum tidur,” tandasnya.

Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan kunyit dan lada hitam sebagai obat, terutama jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis tertentu. Hindari konsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping seperti diare dan sakit perut.

Kunyit dan lada hitam bukan obat ajaib, tetapi perlu dikombinasikan dengan pola hidup sehat dan pengobatan medis yang tepat.

(dra)



Source link

  • Share