Affiliate Marketing, Mengenal Bisnisnya Generasi Milenial

  • Share

Kanalmedia.id – Istilah affiliate marketing mungkin sudah tidak asing lagi bagi para owner bisnis di dunia online. Ya, ini merupakan salah satu jenis marketing yang paling terkenal dan bisa digunakan bagi para penggiat bisnis online.

Tentunya hal ini bukan hanya dimanfaatkan bagi penggiat bisnis online, namun juga para content creator hingga orang awam juga bisa mengikuti program ini sebagai cara untuk mencari uang tambahan.

Apakah Anda ingin menghasilkan uang kapan saja dan dari mana pun? Bahkan di saat Anda tidur? Mungkin program afiliasi ini adalah salah satu bisnis yang cocok untuk dicoba.

Cara kerjanya cukup mudah, Anda hanya akan diminta untuk membagikan link atau menjual produk ke media sosial, jika produk tersebut berhasil terjual dengan cara klik link afiliasi tersebut maka Anda akan mendapatkan komisi penjualan sesuai kesepakatan dengan penjual.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti program ini, berikut tips jitu untuk memulainya.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah jenis pemasaran yang memanfaatkan pihak ketiga untuk mempromosikan produk atau jasa dari sebuah brand atau perusahaan, dan akan mendapat komisi penjualan dari setiap penjualan. Pemberian komisi sangat bervariasi, umumnya komisi akan dihitung dari jumlah persentase penjualan produk dan harga jual. Namun, ada juga yang menghitung berdasarkan jumlah klik website, download aplikasi dan leads.

Program ini dinilai cukup efektif untuk menghasilkan uang dalam waktu yang singkat. Anda hanya perlu bekerja secara konsisten dan membuat konten kreatif agar menarik perhatian konsumen untuk membeli produk tersebut. Sangat menggiurkan, kan?

Tips Mudah Menjalankan Affiliate Marketing

Ada beberapa tips yang akan memudahkan Anda untuk menjadi afiliator yang sukses, simak di bawah ini.

Pilihlah Program Afiliasi yang Tepat

Langkah awal adalah memilih program afiliasi yang tepat dan sesuai. Saat ini sudah banyak perusahaan atau brand yang menawarkan program afiliasi terbaik. Ada beberapa faktor yang menentukan apakah perusahaan tersebut merupakan penyedia program afiliasi terbaik, seperti persentase komisi, kredibilitas perusahaan atau brand, tingkat relevansi dan dukungan yang diberikan.

Ada beberapa perusahaan penyedia affiliate marketing yang saat ini sedang menjadi tren, yaitu Shopee affiliate, Tokopedia, Lazada dan banyak lainnya.

Tentukan Platform / Media Promosi

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu platform yang tepat untuk produk Anda untuk membangun hubungan yang positif dengan audiens. Setiap afiliator memiliki cara pendekatan dan platform yang berbeda-beda. Ada kalanya, Anda harus menggunakan beberapa media promosi untuk menjangkau lebih banyak orang.

Pastikan media promosi atau platform yang digunakan memiliki jumlah followers atau subscriber yang banyak.

Buatlah Review Produk dan Konten Semenarik Mungkin

Untuk menarik banyak konsumen, pastikan Anda membuat review produk dan konten yang menarik untuk dilihat. Anda bisa membuat ulasan pemakaian produk tersebut atau bisa juga membandingkan produk yang Anda jual dengan produk lainnya. Pemberian ulasan produk ini akan sangat membantu para konsumen untuk menemukan produk yang sesuai dengan yang diinginkan.

Masukkan link CTA (Call to Action) pada Setiap Konten

Nah, jika review produk dan konten Anda menarik tentunya konsumen akan semakin yakin untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Sebaiknya Anda memasukkan CTA berupa link produk atau menampilkan keranjang kuning pada tampilan konten Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menjadi affiliate marketing atau afiliator yang sukses. Kini, Anda bisa mencobanya sendiri dengan mudah. Selamat mencoba!

  • Share