8 Minuman yang Menurunkan Kolesterol dengan Cepat usai Makan Daging Kurban

  • Share



loading…

Ada beberapa minuman yang menurunkan kolesterol dengan cepat usai makan daging kurban. Konsumsi daging merah berlebihan meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Foto/Verywell Health

JAKARTA – Ada beberapa minuman yang menurunkan kolesterol dengan cepat usai makan daging kurban. Meski lezat, konsumsi daging merah yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Terlebih bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi , konsumsi daging kurban tanpa diimbangi dengan asupan penyeimbang menyebabkan kolesterol naik. Penting untuk menyeimbangi konsumsi daging kurban dengan asupan minuman yang dapat membantu menurunkan kolesterol .

Di sisi lain, menjaga keseimbangan kolesterol sangat penting untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular. Setelah menikmati hidangan daging kurban, tidak ada salahnya mencoba beberapa minuman untuk membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut minuman yang menurunkan kolesterol dengan cepat usai makan daging kurban dilansir dari Medical News Today, Selasa (11/6/2024).

8 Minuman yang Menurunkan Kolesterol dengan Cepat usai Makan Daging Kurban

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan adanya epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau. Kandungan EGCG dalam teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

2. Minuman Kedelai

Food and Drug Administration (FDA)merekomendasikan konsumsi 25 gram protein kedelai per hari untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Minuman kedelai disarankan dikonsumsi tanpa tambahan gula, garam, dan lemak agar kandungan kedelai tidak tercampur dengan zat lain yang dapat menurunkan zat yang terkandung dalam kedelai.

3. Oat

Minuman oat mengandung beta-glucan yang membentuk senyawa dalam tubuh dan berinteraksi dengan asam empedu. Serat larut ini dapat menghambat penyerapan kolesterol dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Minuman oat, seperti susu oat, dapat menurunkan kadar kolesterol secara konsisten dibandingkan dengan produk oat semi padat atau padat. Segelas susu oat 250 ml setara dengan 1 g beta-glukan.

4. Jus Tomat

Tomat mengandung kaya akan senyawa yang disebut dengan likopen, yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kadar kolesterol. Olahan jus tomat dapat meningkatkan kandungan likopennya dengan serat-serat penurun kolesterol dan niasin. Untuk menurunkan kadar kolesterol lebih maksimal, Anda dapat membuat jus tomat tanpa menambahkan garam.



Source link

  • Share