8 Gejala Diabetes hanya Muncul di Pagi Hari, Waspada Kesemutan

  • Share



loading…

Beberapa gejala diabetes hanya muncul di pagi hari tanpa disadari para penderitanya. Diabetes kondisi yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah. Foto/istimewa

JAKARTA – Beberapa gejala diabetes hanya muncul di pagi hari tanpa disadari para penderitanya. Diabetes sendiri merupakan suatu kondisi kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah.

Diabetes dapat menunjukkan berbagai gejala pada waktu yang berbeda dalam sehari. Khususnya, beberapa tanda peringatan terlihat jelas pada pagi hari.

Memahami gejala-gejala ini dapat membantu dalam deteksi dini dan penanganan kondisi ini. Berikut adalah beberapa gejala diabetes yang hanya muncul di pagi hari dilansir dari Times of India, Rabu (12/6/2024).

Gejala Diabetes di Pagi Hari

1. Fenomena Fajar

Kadar gula tinggi (Hiperglikemia) pagi hari, sering disebut sebagai fenomena fajar, terjadi ketika kadar gula darah meningkat secara signifikan di pagi hari, biasanya antara pukul 04.00 dan 08.00. Hal ini terjadi karena ritme sirkadian alami tubuh, yang meningkatkan produksi glukosa dan glukosa tertentu.

Hormon seperti kortisol dan hormon pertumbuhan dapat menyebabkan resistensi insulin, yang mengakibatkan kadar gula darah lebih tinggi saat bangun tidur.

2. Rasa Haus yang Belebihan

Gejala umum diabetes adalah rasa haus yang berlebihan, yang dalam istilah medis dikenal sebagai polidipsia. Penderita diabetes sering kali terbangun dengan perasaan sangat haus karena tubuh mereka berusaha mengatur kadar gula darah yang tinggi.

Ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan glukosa, dan proses ini membutuhkan banyak cairan. Sehingga menyebabkan dehidrasi dan peningkatan rasa haus.

3. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil, atau poliuria, adalah gejala lain diabetes, yang terutama terlihat pada malam hari dan dini hari. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan ginjal menyaring lebih banyak glukosa, yang kemudian menarik air bersamanya, sehingga meningkatkan produksi urine.



Source link

  • Share