8 Cara Meracik Air Rebusan untuk Redakan Batuk Pilek

  • Share



loading…

Beberapa jenis air rebusan cocok dikonsumsi untuk meredakan batuk pilek. Foto/iStock

JAKARTA – Beberapa jenis air rebusan cocok dikonsumsi untuk meredakan batuk pilek. Air rebusan ini terbuat dari bahan-bahan alami, yang mudah diracik sendiri di rumah.

Cuaca yang tidak menentu sering kali berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Salah satu gangguan kesehatan yang biasa menyerang adalah batuk dan pilek. Penyakit tersebut memang kerap terjadi saat kondisi tubuh dan cuaca tidak selaras.

Nah, untuk meredakan batu pilek, ada sejumlah ramuan atau air rebusan yang bisa diminum. Melansir beberapa sumber, berikut sederet minuman herbal ataupun air rebusan itu.

1. Air Hangat

Air putih hangat menjadi pilihan paling mudah dan murah yang bisa Anda konsumsi saat batuk pilek menyerang. Ketika mengonsumsi air hangat, Anda bisa mengencerkan dahak sehingga batuk menjadi reda. Cara membuatnya cukup dengan merebus air hingga mendidih, lalu minum saat sudah lebih hangat.

2. Teh Jahe

Teh jahe bisa mengobati pilek dan batuk. Teh ini membantu mengeringkan hidung yang berair, sehingga mengeluarkan dahak dari saluran pernapasan. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk satu ruas jahe, kemudian direbus bersama air setengah gelas dan dicampur gula jawa.

3. Air Asam

Dilansir dari buku Tanaman Obat untuk Influenza, kandungan zat dalam buah asam yaitu flavonoid, dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit, antiradang, dan membantu pengeluaran keringat sehingga sangat cocok untuk menyembuhkan batuk pilek.

Cara meraciknya, campurkan asam dengan air dan kunyit hingga menghasilkan jamu kunyit asam.

4. Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk pilek. Ramuan air jeruk nipis ditambah madu cocok untuk meredakan penyakit tersebut pada balita. Cara membuatnya adalah, peras air si jeruk nipis dan campur dengan madu.

5. Madu

Kerap dijadikan bahan campuran minuman, nyatanya madu sendiri memiliki khasiat kesehatan yang mujarab. Kandungan antimikroba pada madu dapat membantu melawan virus penyebab batuk pilek.

Cara konsumsinya adalah dengan meminum madu itu secara langsung sebanyak satu sendok teh, atau bisa juga dicampur dengan air setengah gelas.

6. Teh Daun Thyme

Daun thyme terkenal akan manfaatnya untuk mengatasi beberapa penyakit pernapasan. Dalam jurnal berjudul Effectiveness and Tolerability of the Thyme/Ivy Herbal Fluid Extract dikatakan bahwa ekstrak thyme mampu mengurangi batuk kronis. Anda bisa membuat teh dengan campuran air dan daun thyme.

7. Teh Daun Peppermint

Daun peppermint juga menjadi bahan alami yang bisa mengobati batuk. Cara meraciknya adalah, campurkan daun peppermint yang sudah bersih dengan teh hangat.

8. Air Kunyit

Tumbuhan kunyit pada bagian rimpangnya memiliki banyak manfaat. Kunyit dengan beragam senyawa berkhasiat di dalamnya, mampu mengobati hidung meler serta sakit tenggorokan pada anak ketika batuk pilek.

Cara meraciknya adalah dengan memarut satu rimpang kunyit, ambil sarinya, kemudian rebus bersama gula jawa sebanyak satu sendok, dan setengah butir asam jawa.

(tsa)



Source link

  • Share