7 Makanan Paling Ampuh Mengatasi Tiroid, Telur Bisa Mengatur Kadar Hormon

  • Share



loading…

Kasus gangguan tiroid terus meningkat di berbagai kalangan usia. Lalu, bagaimana mengatasinya? Foto/ huckleberrycare

JAKARTA – Kasus gangguan tiroid terus meningkat di berbagai kalangan usia. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kelemahan otot, perubahan menstruasi (menstruasi berat), kelelahan, suasana hati tertekan, kulit kering, dan lainnya.

Sejumlah artis pun dikabarkan mengalami penyakit tiroid ini. Salah satunya Ashanty. Namun, Anda tak perlu khawatir. Lakukan saja pola makan yang sehat. Ini dapat membantu mengatasi tiroid.

Dikutip healths hots, ada beberapa makanan terbaik yang bisa mengatasi tiroid. Berikut ulasannya.

1. Buah beri
Buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Nutrisi ini sangat penting untuk melawan stres oksidatif—salah satu masalah utama kesehatan tiroid. Sebuah studi pada 2022 yang diterbitkan di Biomedis dan Farmakoterapi mengungkapkan bahwa antioksidan dapat membantu mengatasi disfungsi tiroid dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Apel
Mengonsumsi apel sehari mungkin tidak hanya menjauhkan Anda dari dokter. Selain itu, apel juga dapat mendukung kesehatan tiroid.

Apel kaya akan serat dan antioksidan penting seperti quercetin, yang membantu mengurangi peradangan dan mendukung fungsi tiroid. Selain itu, apel dapat mendetoksifikasi tubuh Anda dan membantu meningkatkan fungsi tiroid.

3. Kacang brazil
Kacang Brazil kaya akan selenium, elemen yang berperan penting dalam produksi hormon tiroid. Menurut review di jurnal Clinical Endocrinology, selenium juga membantu melindungi kelenjar tiroid dari kerusakan oksidatif. Hanya beberapa kacang Brazil sehari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan selenium harian Anda.

4. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat, yang penting untuk sintesis hormon, termasuk hormon tiroid. Alpukat juga mengandung antioksidan, magnesium dan serat.

Lemak sehat dalam alpukat dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, hal ini sangat penting karena gangguan tiroid sering kali dapat menyebabkan masalah berat badan.



Source link

  • Share