7 Daun yang Bisa Menurunkan Panas, Cepat Atasi Demam

  • Share



loading…

Daun yang bisa menurunkan panas bisa ditemukan dengan mudah di sekitar rumah. Menggunakan daun sebagai obat alami masih banyak digunakan hingga saat ini. Foto/Wikipedia

JAKARTA Daun yang bisa menurunkan panas bisa ditemukan dengan mudah di sekitar rumah. Menggunakan daun sebagai obat alami adalah praktik tradisional yang masih banyak digunakan hingga saat ini.

Penggunaan daun sebagai penurun panas merupakan alternatif alami yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain. Penggunaan secara bijak akan membantu memperoleh manfaat optimal dari tanaman herbal tersebut.

Daun yang Bisa Menurunkan Panas

Berikut adalah tujuh jenis daun yang dikenal memiliki khasiat untuk menurunkan panas dilansir dari Times of India, Selasa (4/6/2024).

1. Daun Sambiloto

Daun sambiloto dikenal sebagai King of Bitters karena rasanya yang sangat pahit. Tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antipiretik atau penurun panas.

Cara menggunakan, ambil beberapa lembar daun sambiloto segar dan cuci bersih daun tersebut. Rebus daun dalam dua gelas air hingga air berkurang setengahnya. Saring air rebusan dan minum selagi hangat.

2. Daun Pegagan

Daun pegagan, atau yang sering disebut dengan gotu kola, adalah tanaman herbal yang dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi darah. Daun ini juga memiliki efek pendinginan pada tubuh.

Ambil beberapa daun pegagan segar, cuci bersih dan keringkan, tumbuk daun hingga halus. Kemudian campurkan dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu oleskan pada dahi dan perut untuk efek pendinginan. Alternatif lain, daun pegagan juga bisa direbus dan diminum airnya.

3. Daun Sirih

Daun sirih memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai antiseptik dan penurun panas. Daun ini juga sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit.



Source link

  • Share