7 Cara Menggunakan Cuka selain untuk Masak, Bisa Mengusir Hama dan Merawat Tanaman

  • Share



loading…

Cuka bisa digunakan selain untuk memasak lantaran sangat serba guna. Cuka sejak lama berfungsi sebagai pembersih yang efektif, menghilangkan bau kain. Foto/Real Simple

JAKARTA Cuka bisa digunakan selain untuk memasak lantaran sangat serba guna. Cuka sejak lama berfungsi sebagai pembersih yang efektif, menghilangkan bau kain, dan menetralkan bau tidak sedap.

Selain untuk masak, cuka juga kerap dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan rambut, mengusir hama, membantu merawat tanaman, hingga pelembut kain alami. Penerapannya yang beragam menjadikan manfaatnya yang berharga dan ramah lingkungan untuk digunakan di rumah.

Berikut cara menggunakan cuka selain untuk memasak dilansir dari Times of India, Kamis (2/5/2024).

Cara Menggunakan Cuka selain untuk Masak

1. Untuk Membersihkan

Keasaman cuka menjadikannya ampuh dalam bidang pembersihan. Dicampur dengan air, bahan ini menjadi pembersih serba guna yang efektif, mengatasi permukaan meja hingga kaca. Ucapkan selamat tinggal pada noda dan bau yang membandel karena cuka dengan mudah menghilangkan kotoran, menjadikan rumah Anda segar dan berkilau.

2. Membersihkan Kain

Ucapkan selamat tinggal pada bau yang tidak diinginkan pada kain Anda dengan memasukkan cuka ke dalam rutinitas mencuci. Menambahkan secangkir cuka putih ke dalam pembilasan dapat membantu menetralisir bau yang tertinggal, membuat pakaian dan linen Anda berbau bersih dan segar.

3. Pewangi Alami

Bau tak sedap di rumah bisa dengan mudah dihilangkan dengan bantuan cuka. Tempatkan semangkuk cuka di area yang rentan terhadap bau menyengat, dan biarkan cuka bekerja secara ajaib dalam menyerap dan menetralkan aroma yang tidak diinginkan. Ini adalah cara alami dan hemat biaya untuk menjaga lingkungan tetap segar.

4. Menyehatkan Rambut

Cuka dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan dan kilau rambut Anda. Mencampur satu sendok makan cuka sari apel dengan air akan menghasilkan bilas rambut yang luar biasa yang membantu menghilangkan sisa produk penataan rambut, membuat rambut direvitalisasi dan berkilau.



Source link

  • Share