5 Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Biar Lebih Awet dan Aman

  • Share



loading…

Tips menyimpan daging kurban di kulkas penting diketahui. Melalui cara penyimpanan yang tepat, Anda bisa menjadikan daging tersebut lebih tahan lama dan aman. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA – Tips menyimpan daging kurban di kulkas penting diketahui. Melalui cara penyimpanan yang tepat, Anda bisa menjadikan daging tersebut lebih tahan lama dan aman.

Tak lama lagi, umat Islam akan menyambut Hari Raya Iduladha 2024/1445 H. Pada momen ini, umat muslim yang merasa berkecukupan dianjurkan untuk berkurban sebagai ungkapan rasa syukur dan sarana berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Saat menerima daging kurban, sebagian orang mungkin tidak akan langsung mengolahnya. Beberapa di antaranya memilih untuk menyimpan daging lebih dulu di kulkas.

Bagi Anda yang biasa menyimpan daging kurban di kulkas, ada beberapa tips yang dapat dicoba agar daging bisa tahan lama dan tetap aman. Diolah dari berbagai sumber, Selasa (11/6/2024), berikut di antaranya.

Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

1. Potong Daging Jadi Beberapa Bagian

Biasanya, pembagian daging kurban dilakukan melalui potongan-potongan besar. Cara tersebut dilakukan untuk menyingkat waktu pembagiannya.

Tips pertama, Anda perlu memotong kembali hasil daging kurban sebelum menyimpannya di kulkas. Potonglah daging kurban dalam ukuran yang relatif kecil.

Tujuan memotong daging kurban secara kecil-kecil agar nantinya lebih mudah disimpan dan diolah. Jadi, Anda tidak akan lagi kerepotan untuk menyiapkan wadah penyimpanannya.

2. Hindari Mencuci Daging Kurban

Saat baru dibagikan, daging kurban memang masih dalam keadaan natural. Tak jarang, orang-orang akan mencucinya agar bersih sebelum disimpan.

Cara tersebut sebenarnya kurang tepat. Dianggap bisa membuat masa penyimpanan daging tidak awet, langkah itu juga dapat menjadikannya berbau kurang sedap setelah dibilas dengan air.

Selain itu, air yang dipakai bisa masuk ke serat daging dan menjadikannya lebih cepat busuk. Maka itu, tipsnya adalah membiarkan daging kurban apa adanya sebelum disimpan di kulkas.

Sebagai ganti, daging kurban bisa Anda cuci sebentar saat hendak mengolahnya. Jadi, setelah dibersihkan dapat langsung dimasak dan disantap.

3. Jangan Dicampur dengan Makanan Lain

Saat hendak menyimpan daging di kulkas, Anda perlu menyiapkan wadah khusus. Hal ini digunakan agar nantinya daging tidak bercampur dengan bau atau senyawa yang terkandung dalam makanan lain.



Source link

  • Share