5 Tips Mengatasi Heatstroke, Gelombang Panas Ekstrem yang Menerjang Asia

  • Share



loading…

Sejumlah negara di Asia tengah dilanda heatstroke. Ada beberapa cara mengatasinya. Foto/boltdns

JAKARTA – Sejumlah negara di Asia tengah dilanda heatstroke . Kondisi ini menyebabkan puluhan orang meninggal dunia. Ini menjadi masalah yang mengkhatirkan. Namun, ada beberapa cara mengatasinya.

Heatstroke atau sengatan panas merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika suhu tubuh seseorang mengalami peningkatan secara drastis hingga 41oC dalam kurun waktu cepat, 10-15 menit dan tubuh sudah tidak bisa mengontrol suhu tubuh.

Heatstroke biasanya terjadi ketika seorang individu terkena paparan suhu panas di luar batas yang bisa ditoleransi oleh tubuhnya.

Di Thailand misalnya, indeks panas diperkirakan bakal meningkat di atas 52 derajat Celcius. Pemerintah setempat pun mengeluarkan peringatan panas ekstrem.

Nah, bagi Anda yang berencana berwisata ke sejumlah negara di Asia, termasuk Thailand, disarankan untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi panas ekstrem yang sedang melanda negara tersebut. Berikut diantaranya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2024).

Tips Mengatasi Heatstroke

1. Perbanyak minum air putih
Pertama dan paling penting adalah mencukupi kebutuhan air untuk tubuh saat cuaca panas. Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga penting.

Minum air putih yang cukup harus tetap dijaga dan tak boleh terlewat. Minum yang cukup tentu akan menjaga tubuhmu dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

2. Konsumsi vitamin
Mengonsumsi suplemen juga bisa jadi opsi untuk menjaga kesehatan tubuh saat liburan. Selain dari multivitamin, kamu juga bisa mendapatkan vitamin dari bahan makanan seperti sayur dan buah.

3. Istirahat cukup
Satu lagi tips tetap sehat saat liburan di cuaca panas ialah istirahat yang cukup. Selain minum air putih dan tetap terhidrasi, istirahat yang cukup juga diperkukan khususnya saat liburan di cuaca panas.

4. Hindari mandi air dingin
Selanjutnya hindari mandi air dingin. Saat liburan di cuaca panas, mandi air dingin sering kali jadi opsi utama. Namun, mandi air dingin justru akan menutup pori-pori. Untuk itu, mandi air hangat lebih disarankan, apalagi setelah berpanas-panasan.

5. Menjaga suhu ruangan
Jika cuaca ekstrim seperti hujan badai terjadi, biasanya situasi ini juga akan mempengaruhi suhu ruangan di rumah Anda menjadi lebih dingin. Oleh karena itu, sebaiknya ikuti tips di ini agar keluarga tetap merasa nyaman tinggal di rumah:

Tutup jendela untuk mencegah masuknya angin dingin
Konsumsi makanan & minuman yang hangat secara rutin, seperti sup dan teh.
Perhatikan juga kondisi bayi dan lansia yang ada di rumah, karena mereka cenderung rentang pada suhu rendah.

(tdy)



Source link

  • Share