5 Tips Membuat Mie Instan Menjadi Makanan Sehat, Tambahkan Sayuran hingga Protein

  • Share



loading…

Mie instan bukan makan sehat. Namun, ada cara membuat makanan ini jadi lebih sehat. Foto/ adobe stock

JAKARTA – Mie instan menjadi salah satu makanan yang sangat digemari. Ini karena rasanya yang gurih dan cara pembuatannya yang cepat.

Namun, mie instan bukan makan sehat. Makanan ini mengandung banyak natrium, pengawet dan bahan kimia lainnya sehingga menjadikannya salah satu pilihan makanan paling tidak sehat.

Faktanya, konsumsi mie instan secara rutin dapat memicu beberapa masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan sindrom metabolik.

Lalu, bagaimana agar mie instan sedikit lebih sehat? Dikutip healths hots, jika Anda penggemar mie instan, ada beberapa tips menyehatkan makan mie instan.

Tips Membuat Mie Instan Sehat

1. Tambahkan sayuran
Tambahkan sayuran segar atau beku, seperti brokoli, wortel atau paprika ke dalam mie instan yang Anda buat. Sayuran ini kaya akan nutrisi penting, seperti serat, vitamin, dan mineral, yang dapat membantu membuat mie instan menjadi sehat!

2. Perbanyak kandungan protein
Selain sayuran, Anda juga bisa menambahkan telur matang, ayam suwir atau tahu untuk menambah kandungan protein. Hal ini akan membantu memenuhi asupan protein harian dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Lemak sehat
Lemak sehat, seperti asam lemak omega-3, membantu tubuh menyerap beberapa nutrisi, seperti vitamin A, D, dan E. Tambahkan lemak sehat, seperti irisan alpukat atau sedikit minyak wijen untuk meningkatkan asupan nutrisi dan meningkatkan rasa kenyang ke dalam mie instan yang Anda buat.

4. Gunakan sedikit bumbu
Sebaiknya hindari atau kurangi penggunaan bungkus bumbu yang disertakan dengan mie instan, karena mungkin mengandung natrium dan MSG yang tinggi. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan bahan, seperti daun ketumbar atau taburan cabai untuk menambah rasa dan antioksidan.

5. Kontrol porsi makan
Sangat mudah untuk berlebihan dengan mie instan. Namun, cobalah untuk tetap pada satu porsi dan hindari menghabiskan paket bumbu, jika terlalu tinggi natrium. Anda juga bisa memilih gandum utuh atau beras merah untuk meningkatkan kandungan serat dan nutrisi.

(tdy)



Source link

  • Share