5 Rekomendasi Game Third-Person Shooter Terbaik di PC

  • Share
Game Third-Person Shooter
Game Third-Person Shooter

Penembak orang ketiga atau yang lebih dikenal dengan nama Third-Person Shooter (TPS) adalah salah satu subgenre dalam game yang membuat pemain dapat melihat avatar di layar dalam tampilan orang ketiga.

Third-person shooter mengalami perkembangan zaman mulai dari era tampilan 2D, pseudo 3D hingga 3D Polygon. Pada tahun 2000-an genre 3D TPS menjadi salah satu elemen yang populer terutama di game console.

Sampai saat ini, genre TPS dianggap masih cukup populer khususnya di kalangan gamer kontemporer. Selain hadir di platform konsol, ternyata genre TPS juga hadir di platform PC yang pastinya tidak kalah seru dan menyenangkan.

Berikut ini lima rekomendasi game Third-person Shooter terbaik di PC menurut Situasi.id.

1.Grim Fandango

Generasi 90-an mungkin tidak asing dengan sosok Manny atau Mannuel Calavera. Ia adalah tokoh dalam game Grim Fandango yang berpenampilan seperti Calaca, sosok tengkorak yang digunakan untuk dekorasi The Day of the Dead di Meksiko.

Calavera dalam bahasa Spanyol artinya tengkorang dan pemain akan memerankannya dalam permainan Grim Fandango. Game petualangan ini dikembangkan dan diterbitkan oleh LucasArts yang dirilis untuk platform PC pada 14 Oktober 1998. Dalam permainan ini, Calavera akan mengikuti Mercedes “Meche” Colomar di sebuah Underworld sebuah dunia di mana terdapat jiwa-jiwa yang baru saja pergi menuju the Land of Eternal Rest.

Grim Fandango sendiri mengambil latar di The Land of the Dead atau Eighth Underworld dan jiwa-jiwa baru akan berjalan menuju Ninth Underworld dalam Pejalanan Empat Tahun Jiwa atau Four Year Journey of the Soul. Permainan ini dibagi menjadi empat babak di mana berlangsung dalam empat tahun berturut-turut setiap tanggal 2 November yang diperingati sebagai The Day of the Dead.

2.Star Wars: Knights of the Old Republic

Serial Knights of the Old Republic adalah game Third-person Shooter RPG yang didasarkan dari seri Star Wars karya George Lucas. Game action role-playing ini merupakan serial game pertama dan ketiga yang dikembangkan oleh BioWare dan diterbitkan oleh LucasArts.

Knights of the Old Republic dirilis perdana untuk Xbox dan PC pada tahun 2003. Pada serial ini BioWare berusaha menghadirkan beberapa karakter baru dan jenis serta warna lightsaber baru seperti silver, cyan dan orange.

Pada bulan September 2021, Knights of the Old Republic mengalami remake dengan melakukan pembaruan dari game aslinya. Dibalik KoTOR – Remake ada Aspyr dan Sony yang menghadirkan tampilan terbaru dari grafis untuk PC dan PlayStation 5.

3.Max Payne

Remedy Entertainment adalah sosok pengembang dibalik game Max Payne sebuah serial video game Third-person Shooter neo-noir yang terbitkan oleh Gathering of Developers. Game Max Payne pertama kali dirilis pada 23 Juli 2001 untuk platform PC dan tahun 2002 untuk PS 2, Xbox dan iOS.

Game Max Payne menceritakan tentang Agen DEA Renegade dan mantan petugas NYPD Max Payne yang tengah memburu orang-orang untuk bertanggung jawab atas kematian istri dan anaknya serta menjebaknya atas pembunuhan rekan NYPD-nya yaitu Alex Balder.

Max Payne akan bertemu dengan sekutunya yaitu Vladimir Lem, seorang mafia Rusia kuno yang ramah dan Mona Sax, seorang wanita yang diciptakan untuk membalas dendam atas kematian saudara kembarnya dan mengungkapkan kasus konspirasi yang melibatkan perdagangan obat-obatan terlaran yang disebut Valkyr.

Game Max Payne hadir dalam tiga serial dengan May Payne 3 sebagai serial terakhirnya. Kesuksesan Max Payne bukan hanya di industri gaming saja tapi juga berhasil menjangkau industri layar lebar dengan dirilisnya film Max Payne pada 2008 yang disutradarai oleh John Moore.

4.Dead Space 2

Melanjutkan sekuel selanjutnya, game Dead Space 2 hadir untuk menyapa penggemar game Third person-shooter. Game horor survival yang dikembangkan oleh Visceral Games dan diterbitkan oleh Electronic Arts dirilis pada Januari 2011 untuk PC, PS3 dan Xbox 360.

Tidak seperti seri sebelumnya, Dead Space 2 memiliki mode multiplayer yang dapat melihat pertarungan antara manusia melawan Necromorph yaitu kumpulan monster undead di Sprawl. Proses pengembangan dan pemasaran Dead Space 2 mungkin tidak terlalu makan waktu yang lama, tapi uniknya game ini dianggap sebagai salah satu video game paling mahal karena menggunakan anggaran $120 juta pada saat itu.

5.Gears of War

Gears of War adalah waralaba media dengan genre Third-person Shooter yang dikembangkan oleh Epic Games, People Can Fly, The Coalition dan beberapa pengembang lainnya. Game yang diciptakan oleh Cliff Bleszinski ini diterbitkan oleh Xbox Game Studios dan dirilis untuk platform PC pada 11 Juni 2007.

Konsep inti game Gears berasal dari game Resident Evil 4 yaitu perspektif over the shoulder dengan cover system game Kill Switch dan aksi berayun dan bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya mirip seperti Bionic Commando.

Game Gear of War memiliki beragam serial dengan seri terakhir Gears Tactics yang dirilis pada tahun 2020 silam. Game Third-person shooter ini menjadi salah satu game yang populer karena tidak hanya sukses di pasar gaming tapi juga menjangkau wilayah industri film.

Bagi sebagian gamer, game dengan genre Third-person shooter mungkin sudah tidak terlalu sepopuler genre-genre terbaru yang berkembang saat ini. Namun siapa sangka kalau ternyata masih ada banyak pengembang yang konsisten untuk menciptakan game dengan genre TPS di masa kini.

Nah itulah lima rekomendasi game Third-person shooter terbaik menurut Situasi.id yang wajib banget buat gamer mainkan. Bagaimana tanggapan gamer? Kira-kira game TPS apalagi yang menarik untuk dimainkan dan game apa yang paling gamer sukai?

  • Share