5 Hal Ini Perlu Dilakukan sebelum Jalani Sedot Lemak, Efeknya Fatal Kalau Abai

  • Share



loading…

Meski menjanjikan, liposuction atau sedot lemak juga tak lepas dari berbagai macam risiko kesehatan tubuh. Bahkan, bila tak diperhatikan, prosesi ini bisa berbahaya dan mengancam nyawa. Foto Ilustrasi/Getty Images

JAKARTA – Influencer Hanum Mega belum lama ini melakukan operasi sedot lemak atau liposuction. Cara ini dilakukan untuk membuat bentuk tubuh lebih langsung dan ramping dan terlihat hasilnya.

Proses sedot lemak atau liposuction cukup terkenal di dunia kecantikan untuk membuang lemak-lemak di area yang Anda inginkan. Dengan hasil yang instan, Anda bisa mendapat bentuk tubuh ideal dari operasi sedot lemak ini.

Meski menjanjikan, liposuction atau sedot lemak juga tak lepas dari berbagai macam risiko kesehatan tubuh. Bahkan, bila tak diperhatikan, prosesi ini bisa berbahaya dan mengancam nyawa.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan liposuction atau sedot lemak. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut ulasannya, melansir American Society of Plastic Surgery, Selasa (11/6/2024).

1. Capai Target Berat Badan

Hal pertama ialah mencapai target berat badan Anda. Tidak ada batasan berat badan tertentu yang perlu Anda capai sebelum melakukan sedot lemak.

Namun, tips persiapan sedot lemak yang utama adalah mencapai target berat badan Anda terlebih dahulu, atau setidaknya mendekatinya, beberapa bulan sebelum operasi. Dengan mencapai target berat badan terlebih dulu, operasi sedot lemak bisa berjalan lebih efisien.

2. Membentuk Otot

Selanjutnya membentuk otot. Cara ini juga membantu liposuction Anda lebih efisien. Misalnya, jika Anda menginginkan perut six-pack, Anda harus melatih kelompok otot tersebut. Nantinya, liposuction akan berguna untuk menghilangkan lemak membandel yang menutupi otot-otot tersebut.

Untuk hasil terbaik, mulailah pembentukan otot beberapa bulan sebelum prosedur dilakukan. Selain membantu mendapatkan penampilan yang diinginkan lebih cepat setelah operasi, hal ini juga dapat meningkatkan kekuatan dan memposisikan Anda untuk penyembuhan lebih cepat.

3. Ubah Pola Makan

Mengubah pola makan sebelum melakukan sedot lemak juga perlu dilakukan. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan untuk penyembuhan yang lebih baik dan meningkatkan elastisitas kulit.

Targetkan makanan tinggi antioksidan dan air sebelum melakukan operasi sedot lemak. Beberapa di antaranya ada segala jenis buah beri, seledri, timun, minyak zaitun hingga asam lemak omega-3.

4. Berhenti Menggunakan Nikotin

Penggunaan nikotin diketahui dapat menyabotase hasil operasi plastik. Pasalnya, nikotin dapat menurunkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda.

Aliran darah yang baik juga dapat memengaruhi proses pemulihan Anda, mulai dari seberapa cepat Anda sembuh hingga seberapa besar risiko terjadinya penggumpalan darah. Untuk memastikan operasi dan pemulihan yang aman, berhentilah merokok setelah Anda menjadwalkan prosedur sedot lemak.

5. Selesaikan Pekerjaan yang Tersisa

Satu lagi yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan liposuction atau sedot lemak ialah menyelesaikan pekerjaan Anda yang tersisa. Setelah sedot lemak, Anda perlu meluangkan waktu beberapa hari untuk beristirahat dan bersantai. Istirahat yang cukup dapat mempercepat proses pemulihan pasca operasi sedot lemak ini.

(tsa)



Source link

  • Share