5 Fakta Telaga Biru Samares, Surga Wisata Tersembunyi di Biak Papua

  • Share



loading…

Telaga Biru Samares merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Biak, Papua. Salah satu keunggulan destinasi ini adalah airnya yang jernih dan berwarna biru. Foto/Instagram @nature.wanderer.id

BIAK – Telaga Biru Samares merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Biak, Papua. Salah satu keunggulan destinasi ini adalah airnya yang jernih dan berwarna biru.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki beragam destinasi wisata menarik, mulai pantai, gunung, danau, dan masih banyak lagi. Memiliki daerah yang luas, sehingga tidak semua destinasi wisata bisa dijamah oleh banyak orang. Salah satunya adalah Telaga Biru Samares.

Telaga Biru Samares merupakan sebuah destinasi wisata yang terletak di Biak, Papua. Salah satu keunggulan dari destinasi ini adalah airnya yang jernih dan berwarna biru. Bahkan pepohonan yang berada di dasar danau terlihat dari permukaan.

Berlokasi di dalam hutan, menjadikan danau ini dikelilingi oleh pepohonan nan rimbun. Dari kejauhan tampak jelas keindahannya.

Penasaran seperti apa fakta menarik danau tersebut? Berikut informasinya, yang dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (9/6/2024).

1. Lokasi

Telaga Biru Samares berlokasi di Kampung Sepse, Kecamatan Biak Timur, Kabupaten Biak, Papua. Untuk sampai ke destinasi ini, pengunjung harus melewati Kampung Sepse terlebih dulu dari Kota Biak yang memakan waktu perjalanan sekitar dua jam.

Perjalanan tidak selesai sampai di situ. Anda harus melanjutkan dengan berjalan kaki selama 1 jam 20 menit untuk sampai ke Telaga Biru.

2. Sudah Ada Sejak Lama

Menurut kepercayaan masyarakat Sepse yang tinggal di sekitar telaga, kandungan air di danau tersebut memiliki semacam zat pengawet. Berdasarkan cerita, ranting-ranting dan batang mati yang ada di dalamnya sudah ada
sejak masa leluhur orang Sepse.

3. Memiliki Rasa Air Asin

Meskipun disebut telaga, namun tempat ini memiliki air yang rasanya sedikit asin. Menariknya, saat memasuki musim kemarau, air di sini justru akan terasa sangat dingin.

4. Biaya Masuk

Untuk bisa mengunjungi tempat ini, Anda akan dikenakan tarif Rp20.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp30.000 untuk roda empat. Masyarakat setempat mengelola dengan baik tempat ini sehingga menjadi destinasi yang viral di media sosial.

5. Daya Tarik

Tiba di Telaga Samares belum lengkap rasanya jika tidak bermain air. Anda bisa berenang di air yang sangat jernih. Tidak perlu khawatir, meski berada di tengah hutan, namun tak ada hewan buas yang berenang di air ini. Hanya, Anda perlu hati-hati saat berenang karena banyak pohon dan ranting di dasar telaga.

(tsa)



Source link

  • Share