3 Altcoin Incaran Crypto Whale untuk Potensi Profit Pekan Ini

  • Share


Tak dimungkiri, pekan pertama bulan Juli menjadi pekan yang sulit bagi pasar. Namun, di tengah lonjakan aksi jual, crypto whale justru terekam mengisi wallet mereka dengan sejumlah altcoin yang oleh sebagian orang sebut sebagai “undervalued“.

Crypto whale adalah investor besar, sehingga pengaruhnya ke harga tidak bisa diremehkan. Oleh karenanya, pelaku pasar mungkin perlu memantau Dogecoin (DOGE), Optimism (OP), dan Pepe (PEPE). Sebab, ketiganya termasuk di dalam daftar altcoin yang dibeli oleh crypto whale pekan ini.

Holder Besar Dogecoin (DOGE) Tak Hiraukan Tren Turun

Seperti halnya aset kripto lain, harga DOGE telah anjlok. Spesifiknya, harganya sudah turun 23,76% dalam 7 hari terakhir.

Namun, ini tidak menyurutkan semangat crypto whale untuk membeli meme coin ini lebih banyak lagi. BeInCrypto mendeteksi hal ini usai mengevaluasi Large Holder Inflow alias arus masuk holder besar yang ditunjukkan oleh IntoTheBlock.

Arus masuk ini menunjukkan aktivitas beli yang kuat oleh pelaku pasar yang memegang antara 0,1% hingga 1% dari aset kripto yang bersangkutan. Pada hari Selasa, 2 Juli, arus masuk yang tercatat adalah 61,88 juta DOGE.

Namun satu hari kemudian, arus masuknya mencapai 516,08 juta. Kondisi ini menunjukkan, kalangan crypto whale membeli saat harga turun alias “buy the dip“. Untuk saat ini, angkanya sudah turun menjadi 215,90 juta.

Dogecoin whales purchase more coins
Arus Masuk Holder Besar Dogecoin | Sumber: IntoTheBlock

Dengan harga rata-rata US$0,11, crypto whale sukses memborong Dogecoin senilai US$23,74 juta pada minggu pertama bulan Juli. Ini mewakili peningkatan 175,44% dari kepemilikan pada minggu terakhir bulan Juni.

Whale Optimism (OP) Abaikan Gelaran Token Unlock & Bullish soal ETF

Selanjutnya, urutan kedua dalam daftar ini adalah OP. Optimism (OP) yakni token dari blockchain layer-2 (L2) yang beroperasi di atas jaringan Ethereum. Pekan ini, harga OP sudah longsor 27,82%. Terlepas dari tren turun pasar yang lebih luas, penurunan OP bisa dikaitkan dengan serangkaian agenda token unlock selama periode 1 Juli – 5 Juli.

Kendati unlock mampu memantik tekanan jual pada harga, crypto whale justru memutuskan untuk membeli token ini dengan harga diskon.

Menurut Santiment, whale yang memegang antara 1 juta hingga 10 juta OP telah menambah saldo mereka di minggu pertama bulan ini. Walhasil, kelompok ini sekarang memegang 11,27% dari total pasokan OP.

OP whales increase holdings
Saldo Alamat Optimism | Sumber: Santiment

Nampaknya, keputusan ini sebagian besar terjadi berkat antisipasi seputar persetujuan ETF Ethereum yang akan datang. Bagi sebagian besar pelaku pasar, perdagangan resmi untuk produk-produk tersebut mampu mendongkrak naik harga ETH.

Terlebih lagi, lantaran ETH memiliki korelasi yang kuat dengan OP, para whale pun akhirnya menganggap adalah langkah bijaksana untuk membeli token ini di harga diskon sebelum potensi reli dimulai.

Crypto Whale Seret Pepe (PEPE) Melesat ke Puncak Chain

Menakar Large Holder Netflow alias arus masuk bersih holder besar PEPE, maka terlihat adanya lonjakan mengejutkan sebesar 2237,18% dalam tujuh hari terakhir. Ini berarti crypto whale yang membeli PEPE melampaui kelompok yang menjualnya dengan rasio yang disebutkan di atas.

Walaupun mengintensifkan aksi beli mereka, akumulasi tersebut nyatanya tidak banyak berpengaruh ke harga PEPE. Pada saat publikasi, PEPE diperdagangkan seharga US$0,0000078—harga terendah yang tercapai sejak 4 Mei.

Jika investor raksasa ini terus membeli token ketika harga turun, maka stabilitas pada akhirnya juga akan muncul.

PEPE crypto whales are buying
Holder Besar Pepe | Sumber: IntoTheBlock

Namun, menimbang kondisi pasar terkini, akumulasi whale saja mungkin tidak cukup untuk mencegah harga dari tren turun lebih jauh. Hal ini lantaran Bitcoin (BTC) sepertinya menjadi aset kripto yang menyeret pasar ke bawah.

Jika BTC gagal menghentikan koreksinya, DOGE, OP, dan PEPE berpotensi terus mengalami tekanan turun. Namun, pemulihan alias rebound pada aset kripto nomor satu ini tentunya dapat mencegah tren turun lebih lanjut.

Bagaimana pendapat Anda tentang 3 altcoin incaran whale pekan ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter BeInCrypto Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto!

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.



  • Share