11 Tempat Wisata di Balikpapan yang Lagi Hits

  • Share



loading…

Terdapat sejumlah tempat wisata di Balikpapan yang lagi hits. Tempat-tempat ini menyajikan keindahan dan keseruan yang belum tentu bisa ditemukan di wilayah lain. Foto/Instagram @veramarilynjoseph

JAKARTA – Terdapat sejumlah tempat wisata di Balikpapan yang lagi hits. Tempat-tempat ini menyajikan keindahan dan keseruan yang belum tentu bisa ditemukan di wilayah lain.

Jika sedang berada ke Balikpapan, Kalimantan Timur, tidak ada salahnya menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi keindahan alam serta berbagai wisata yang ada di kota minyak tersebut.

Pilihan destinasinya beragam, dari danau, pantai, kampung wisata, bukit, hingga waterpark. Berikut ini beberapa tempat wisata di Balikpapan yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan momen akhir pekan.

Tempat Wisata di Balikpapan

1. Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH)

Berlokasi di Jl. Soekarno-Hatta Km. 23, No. 185, ini merupakan tempat konservasi untuk menjaga populasi beruang madu di Kalimantan yang jumlahnya kian menyusut. Di lokasi ini pengunjung dapat menyaksikan langsung beruang madu yang ada di KWPLH.

2. Aquaboom Waterpark

Berada di Balikpapan Superblok Complex, Nicopolis South Tower Astara Lt. 7, taman bermain ini sudah populer di kalangan para pelancong yang ingin mencoba berbagai wahananya seperti Thunderbolt, Race Buster, dan Hurricane Slider. Tempat wisata ini cocok dikunjungi ketika sedang berlibur bersama keluarga.

3. Dahor Heritage

Dahor Heritage berada di Jl. Dahor No.1, Baru Ilir, Balikpapan. Sebelumnya, lokasi ini merupakan sebuah kompleks perumahan dinas. Namun, kini kompleks tersebut telah disulap menjadi cagar budaya dengan banyaknya bangunan arsitektur khas Belanda.

4. Pantai Kemala

Tempat wisata di Balikpapan selanjutnya adalah pantai yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Berbagai aktivitas seru juga bisa dilakukan di sini. Mulai dari menikmati panorama yang ditawarkan, bermain pasir, berenang, berburu sunset, coba paragliding, dan juga naik banana boat.

5. Kampung Atas Air

Balikpapan juga menyuguhkan kampung atas air yang khas. Pengunjung bisa berkeliling sambil melihat aktivitas warga yang tinggal di wilayah ini. Lokasinya berada di Desa Margasari, Jl. Sepaku, Baru Tengah.

6. Danau Cermin Lamaru

Danau yang terkenal karena airnya yang jernih ini banyak dikunjungi orang untuk mendapatkan foto-foto bagus. Lokasi sekitar danau juga masih sangat asri, meski belum dikelola secara maksimal. Lokasinya berada di Jalan Rawamangun RT 20, Kelurahan Lamaru.

7. Kebun Raya Balikpapan

Bagi yang ingin mengeksplorasi ragam flora Indonesia, bisa datang ke Kebun Raya Balikpapan yang berada di kawasan Hutan Lindung Sungai Wain. Obyek wisata alam di Balikpapan ini dibuka pada 2014 sebagai sarana rekreasi, konservasi, serta pelestarian tanaman asli Kalimantan.

8. Pantai Sepingan

Salah satu tempat wisata di Balikpapan yang cocok untuk menikmati panorama matahari terbenam adalah Pantai Sepingan yang berada di Jl. Sepinggan Raya 1, Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan.

9. Pantai Melawai

Selain Pantai Sepingan, Pantai Melawai juga menyajikan pemandangan sunset yang indah. Ketika malam hari, lokasi wisata ini bisa menjadi tempat bersantai sembari menikmati angin laut. Lokasinya berada di Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

10. Bukit Bangkirai

Tak hanya pantai-pantai yang indah, Balikpapan juga menyimpan pemandangan bentang alam Kalimantan lain berupa hutan tropis. Di kawasan obyek wisata Balikpapan satu ini juga terdapat jembatan gantung yang menawarkan atmosfer panorama yang tak kalah memukau.

11. Waduk Manggar

Tempat wisata di Balikpapan yang terakhir adalah Waduk Manggar yang terletak di Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Meskipun fungsi utama Waduk Manggar adalah sebagai sumber air bersih, wilayah ini tetap menyajikan pemandangan yang indah.

(tsa)



Source link

  • Share