10 Minuman yang Membuat Otak Cerdas, Bantu Tingkatkan Daya Ingat

  • Share



loading…

Minuman yang membuat otak cerdas dan membantu meningkatkan daya ingat umumnya mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan otak. Seperti antioksidan, vitamin. Foto/Vogue India

JAKARTA – Minuman yang membuat otak cerdas dan membantu meningkatkan daya ingat umumnya mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan otak. Seperti antioksidan, asam lemak omega-3, vitamin, dan mineral.

Mengonsumsi minuman ini secara teratur dapat membantu mendukung fungsi otak dan menjaga kesehatan kognitif jangka panjang. Namun, penting untuk diingat bahwa nutrisi yang baik harus diimbangi dengan gaya hidup sehat.

Termasuk tidur yang cukup, olahraga teratur, dan pengelolaan stres. Berikut minuman yang membuat otak cerdas dilansir dari Web MD, Minggu (2/6/2024).

Minuman yang Membuat Otak Cerdas

1. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan, khususnya katekin, yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif. Teh hijau juga mengandung L-theanine, asam amino yang bisa meningkatkan produksi neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin, yang dapat memperbaiki suasana hati dan fungsi kognitif.

2. Kopi

Kafein dalam kopi adalah stimulan alami yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, kopi mengandung antioksidan yang dapat melindungi otak dari penuaan dan penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Jus Buah Bit

Jus bit tinggi nitrat, yang diubah menjadi nitrit oleh tubuh dan membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Ini dapat meningkatkan fungsi kognitif, terutama pada orang tua.

4. Susu Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Kurkumin dapat melintasi penghalang darah-otak dan telah terbukti meningkatkan faktor neurotrofik yang berasal dari otak (BDNF), yang mendukung pertumbuhan dan kelangsungan hidup neuron.

5. Smoothie dengan Beri dan Kacang-kacangan

Buah-buahan seperti blueberry dan strawberry kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang dapat meningkatkan kesehatan otak dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Menambahkan kacang-kacangan seperti almond atau kenari yang kaya asam lemak omega-3 dan vitamin E juga dapat mendukung fungsi kognitif.



Source link

  • Share