10 Makanan yang Kerap Disantap dengan Cara yang Salah, Begini Seharusnya

  • Share



loading…

Beberapa jenis hidangan memiliki cara makan yang spesifik agar Anda bisa menikmatinya secara maksimal. Tapi, sebagian orang masih kerap salah melakukannya. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA – Beberapa jenis hidangan memiliki cara makan yang spesifik agar Anda bisa menikmatinya secara maksimal. Tapi, sebagian orang masih kerap salah melakukannya.

Untuk Anda yang hobi makan, tak ada salahnya menyimak ulasan berikut agar tahu cara menyantap makanan tertentu secara benar. Tujuannya supaya makanan yang Anda santap itu terasa nikmat maksimal.

Berikut 10 jenis makanan yang sering disantap dengan cara kurang tepat, plus tips bagaimana Anda sebaiknya menyantap mereka, seperti dikutip dari laman Insider.

1. Dumpling

Menu jenis dimsum yang dikenal dengan nama lain xiao long bao ini di tempat asalnya, yaitu China, biasanya disajikan bersama kuah atau air kaldu panas. Cara memakannya adalah dengan mencelupkan dumpling ke dalam kuah supnya. Karena berkuah, maka ketika Anda memakannya secara cepat, si kuah tentu akan mengotori piring atau meninggalkan noda kaldu di mana-mana.

Pembuat dumpling asal Brooklyn, Melissa Chan, kepada Huffington Post mengatakan bahwa untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat menyantap dumpling, Anda disarankan mengambil dumpling tersebut lalu teguk supnya terlebih dulu sebelum memakan keseluruhan dumpling.

2. Chicken Wings

Saat sedang makan chicken wings, tak perlu malu untuk menyantapnya hingga si tulang ayam bersih. Beberapa orang punya kebiasaan memisahkan daging dari tulangnya terlebih dulu sebelum dimakan. Tapi, menurut wing expert Daniel Gritzer, tak perlu Anda melakukan itu karena cukup merepotkan. Gunakan saja gigi Anda untuk memakan daging sayap ayam hingga ke tulangnya.

Memang akan terlihat berantakan jadinya, tapi cara tersebut dianggap paling bisa memuaskan hasrat kuliner Anda. Selain itu, juga dapat membantu Anda menikmati rasa serta memakan seluruh bagian daging tanpa sisa. Daripada harus dicabuti pakai tangan, sayang, bukan?

3. Ramen

Kunci saat makan ramen, jangan buru-buru. Memang begitu ramen yang menggugah selera tersaji di meja, rasanya mau langsung saja dihabiskan. Tapi, akan lebih baik makan pelan-pelan untuk menikmati setiap elemen yang ada di dalam ramen.

Satu hal lagi, saat makan ramen, cara paling bagus adalah dengan memakai sumpit. Mi ramen diambil sedikit, lalu dicelupkan ke dalam kuahnya yang berkaldu sebelum melesat ke mulut Anda. Terus lakukan hal yang sama untuk semua bahan di dalam ramen. Baru pada bagian terakhir, ketika isi ramen sudah habis, Anda boleh meneguk kuah ramen langsung dari mangkuknya sampai habis.

4. Sushi

Menurut Nobuyuki Matsuhisa, chef sushi sekaligus pendiri restoran Nobu, banyak orang menyantap sushi dengan cara yang salah. Kata dia, ketika ingin mencelupkan sushi ke dalam soy sauce, Anda seharusnya mencelup bagian ikannya dulu. Jadi, posisi ikan di bawah, celup agak lama tak apa-apa, baru nasi. Soalnya, kalau nasi yang duluan, dia akan menyerap rasa asin saus dengan cepat.

Satu hal lagi, menurut Nobuyuki, menyantap sushi tidak harus selalu pakai sumpit. Anda juga boleh menikmati makanan khas Jepang itu menggunakan tangan.

5. Pizza

Makan pizza enaknya pakai tangan. Tak perlu “membersihkan” lapisan-lapisan berminyak di atasnya. Langsung saja makan. Caranya dengan mengambil sebagian dari potongan pizza, sisihkan ujungnya sebentar di atas piring untuk mengurangi remahan yang terjatuh, dan makan.

6. Oyster

Oyster atau tiram lazim disantap dengan cara disedot atau dihisap tanpa dikunyah. Namun, ahli kuliner menyebut bahwa menelan oyster secara langsung sebenarnya tidak dianjurkan atau bahkan kurang memberikan benefit untuk pengalaman bersantap Anda.

Jadi, cara yang terbaik adalah, gunakan garpu untuk memastikan bahwa oyster sudah terlepas dari cangkangnya, lalu sedot dan kunyah satu atau dua kali sebelum Anda menelannya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan keseluruhan rasa oyster tersebut.

7. Pistachio

Pistachio atau kacang kenari kerap disantap sebagai camilan. Enak memang, tapi membuka camilan satu ini bukan perkara mudah. Salah-salah kuku jari tangan Anda malah bisa terluka. Jadi, cara yang disarankan adalah, tarik bagian cangkang yang sudah agak terkoyak agar proses membuka kudapan satu ini lebih mudah dan cepat.

8. Cupcake

Tak diperlukan cara ataupun alat khusus untuk menyantap cupcake. Hanya, kalau Anda memakannya dari bagian atas cupcake yang notabene bertekstur beku, keseimbangan antara rasa kue di bagian bawah dengan sensasi beku yang ada di bagian atas cupcake menjadi tidak seimbang.

Jadi, agar memberikan pengalaman rasa yang lebih maksimal dan tidak berantakan, Anda disarankan untuk membuka bungkus cupcake itu terlebih dulu. Pisahkan bagian bawah cupcake dan taruh di atas bagian yang beku. Dengan begitu cupcake ini akan tetap compact, rapi, dan menawarkan sensasi rasa beku di tiap gigitannya.

9. Pad Thai

Umumnya orang makan pad thai menggunakan sumpit. Padahal, itu bukan cara makan yang khas di ranah kuliner Thailand. Di Thailand, masyarakat hanya menggunakan sumpit saat makan mi yang berasal dari masakan China. Sementara untuk makanan asli Thailand, penduduk di Negeri Gajah Putih umumnya memakai pisau, garpu, dan sendok.

10. Lobster

Saat menu lobster masih panas, orang lazimnya memilih memakan ekornya terlebih dulu karena bagian tersebut akan mendingin lebih cepat. Cara ini sudah benar karena bagian cakar lobster akan terasa hangat dalam waktu agak lama sehingga sulit untuk dipecah. Selain itu, cara ini juga dinilai akan lebih bersih.

(tsa)



Source link

  • Share