10 Kebiasaan yang Dapat Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang

  • Share



loading…

Berbagai kebiasaan yang dapat memperpendek umur melibatkan faktor-faktor yang berhubungan dengan gaya hidup, pola makan, kebiasaan fisik, dan kesehatan mental. Foto/Healthway Medical Group

JAKARTA – Berbagai kebiasaan yang dapat memperpendek umur melibatkan faktor-faktor yang berhubungan dengan gaya hidup, pola makan, kebiasaan fisik, dan kesehatan mental. Penting untuk mengubah kebiasaan tidak sehat yang dilakukan setiap hari.

Hal ini agar dapat secara signifikan meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur. Banyak orang berpikir bahwa harapan hidup sebagian besar ditentukan oleh genetika.

Namun, gen memainkan peran yang jauh lebih kecil daripada yang diyakini sebelumnya. Ternyata faktor lingkungan seperti pola makan dan gaya hidup adalah kuncinya.

Kebiasaan yang Dapat Memperpendek Umur

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat memperpendek umur dilansir dari Health Line, Sabtu (31/5/2024).

1. Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama kematian yang dapat dicegah. Rokok mengandung banyak zat kimia berbahaya yang dapat merusak paru-paru, jantung, dan pembuluh darah.

Merokok meningkatkan risiko berbagai penyakit. Termasuk kanker paru-paru, penyakit jantung, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

2. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Minum alkohol dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati (seperti sirosis hati), meningkatkan risiko kanker, merusak sistem saraf, serta meningkatkan risiko kecelakaan dan cedera.

3. Diet Tidak Sehat

Pola makan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Kurangnya konsumsi buah, sayuran, dan serat juga dapat memperburuk kondisi kesehatan.



Source link

  • Share