10 Aktivitas yang Bikin Hidup Lebih Happy, Cobalah Tersenyum meski Terasa Palsu

  • Share



loading…

Kebahagiaan adalah tujuan yang diidamkan banyak orang. Namun, tidak semua orang mudah melakukannya. Foto/ chefrito

JAKARTA – Siapa yang tidak menginginkan hidup penuh kegembiraan? Ya, kebahagiaan adalah tujuan yang diidamkan banyak orang. Oleh karena itu, untuk mencapainya diperlukan rutinitas yang tepat.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kebahagiaan sering kali menjadi tujuan utama yang ingin dicapai banyak orang. Namun, mencapai kebahagiaan bukanlah hal yang instan, melainkan membutuhkan usaha dan perubahan rutinitas. Rutinitas-rutinitas ini bukanlah trik ajaib atau solusi instan, tetapi justru langkah yang perlu dilakukan secara berulang-ulang dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan menerapkan langkah-langkah sederhana ini, kita bisa menghadirkan lebih banyak kebahagiaan dan keceriaan dalam kehidupan kita.

Dikutip healthline, berikut rutinitas yang dapat membantu Anda menjalani hidup dengan lebih happy dan bahagia:

Aktivitas yang Bikin Happy

1. Senyum
Senyum memang sering kali menjadi tanda kebahagiaan. Namun, tahukah Anda bahwa senyuman dapat menjadi kunci untuk memperoleh kebahagiaan? Ketika kita tersenyum karena bahagia, otak kita melepaskan dopamine, zat kimia yang membuat kita merasa lebih bahagia.

Penelitian menemukan bahwa ada hubungan antara senyum dan kebahagiaan, yang dikenal sebagai “hipotesis umpan balik wajah”. Ini berarti, senyum dapat memengaruhi emosi kita dengan cara tertentu. Jadi, meskipun tidak harus tersenyum palsu sepanjang waktu, cobalah untuk tersenyum saat Anda merasa sedang kurang bersemangat atau mulailah setiap pagi dengan tersenyum pada diri sendiri di depan cermin.

2. Berolahraga
Olahraga bukan hanya baik untuk tubuh, tetapi juga bagi pikiran dan emosi kita. Olahraga teratur dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan gejala depresi, sambil meningkatkan harga diri dan kebahagiaan. Anda tidak perlu melakukan latihan yang terlalu berat. Mulailah dengan aktivitas fisik sederhana, seperti berjalan-jalan setelah makan malam, mengikuti kelas yoga atau tai chi, atau sekadar melakukan peregangan selama 5 menit setiap pagi.

3. Tidur Cukup
Tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental kita. Dewasa rata-rata membutuhkan setidaknya 7 jam tidur setiap malam. Jika Anda sering merasa mengantuk di siang hari atau sulit berkonsentrasi, mungkin tubuh Anda membutuhkan lebih banyak istirahat. Hindari kebiasaan begadang dan cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Berikan waktu sebelum tidur untuk bersantai, dan pastikan lingkungan tidur Anda nyaman, gelap, dan tenang.

4. Makan dengan Perasaan
Makanan yang Anda konsumsi juga dapat memengaruhi suasana hati Anda. Karbohidrat dapat meningkatkan produksi serotonin, hormon yang membuat Anda merasa senang. Namun, pilihlah karbohidrat kompleks seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh untuk hasil yang lebih tahan lama.

Protein, yang ditemukan dalam daging tanpa lemak, unggas, kacang-kacangan, dan produk susu, dapat meningkatkan energi dan konsentrasi dengan merangsang pelepasan dopamine dan norepinefrin. Selain itu, asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan berlemak memiliki efek anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan otak. Jadi, pastikan untuk menyertakan makanan-makanan sehat ini dalam pola makan Anda.



Source link

  • Share